Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PROGRAM POLITIK: PAN siapkan Rp25 miliar untuk cetak pengusaha muda

MAKASSAR: Partai Amanat Nasional menyiapkan dana Rp25 miliar yang akan digunakan untuk membina sebanyak 5.000 calon pengusaha muda yang akan terjaring dari seluruh Indonesia.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 Mei 2012  |  14:30 WIB

MAKASSAR: Partai Amanat Nasional menyiapkan dana Rp25 miliar yang akan digunakan untuk membina sebanyak 5.000 calon pengusaha muda yang akan terjaring dari seluruh Indonesia.

 

Ketua DPP PAN Azwar Abu Bakar mengatakan setiap calon pengusaha muda yang lolos tahap seleksi akan diberikan bantuan modal kerja minimal Rp5 juta per orang.

 

"Mereka akan diberikan pelatihan bagaimana menjadi seorang pengusaha, lalu dibekali dengan modal kerja, setelah itu akan terus diberi pendampingan hingga usaha mereka berjalan lancar," ujarnya di sela-sela seminar sekaligus pelatihan wirausahawan muda dengan tema 60 Hari Buka Usaha Baru, yang digelar di Makassar, Sabtu 19 Mei 2012.

 

Menurut Azwar yang juga Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, dari 5.000 target calon pengusaha muda berusia antara 17 tahun hingga 25 tahun dari seluruh Indonesia itu 1.000 diantaranya diharapkan berasal dari Sulawesi Selatan.

 

Hal itu lanjutnya, juga untuk mendukung rencana pemerintah menetapkan wilayah ini sebagai koridor IV Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

 

"Ditetapkannya Sulsel termasuk dalam koridor IV MP3EI, tentu harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh generasi muda di provinsi ini. Pemerintah melihat besarnya potensi ekonomi yang ada di daerah ini, sehingga dimasukkan dalam program MP3EI. Oleh karena itu, pemuda di Sulsel harus bisa memanfaatkan program pemerintah pusat ini sebaik mungkin," paparnya.

 

Sebagai gerbang pembangunan di kawasan Timur Indonesia (KTI) ujarnya, Sulsel layak untuk dikembangkan potensi ekonominya secara maksimal. Namun, hal itu tentu harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang handal, dan pandai memanfaatkan peluang usaha.

 

Potensi ekonomi Sulsel tidak hanya dalam sektor infrastruktur saja, tetapi juga sektor perkebunan, kehutanan, dan bahari. Oleh sebab itu, penciptaan wirausahawan yang bisa berdaya saing dan bisa memanfaatkan sumber daya alam dan lainnya sangat dibutuhkan.

 

Adapun untuk mempercepat tumbuhnya wirausahawan muda khususnya di Sulsel, generasi muda Sulsel harus merubah pola pikirnya dari pola pikir mencari kerja, menjadi pola pikir membuka lapangan kerja.

 

Dia mengungkapkan seleksi wirausahawan muda yang dilakukan di Makassar, merupakan seleksi ke-6 dari 11 kota yang akan dikunjungi, yaitu Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Aceh, dan Jayapura.

 

Untuk lima kota sebelumnya, sudah ada sekitar 500 hingga 1.000 anak muda yang ikut mendaftarkan diri untuk menjadi calon pengusaha muda. Dia berharap, akan lebih banyak lagi calon pengusaha muda yang terjaring di Makassar. (k46/Bsi)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Wiwiek Dwi Endah

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top