Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TRAGEDI SUKHOI: Asuransi dari Sukhoi masih dinegosiasi

 
Aurelia Nelly
Aurelia Nelly - Bisnis.com 17 Mei 2012  |  18:25 WIB

 

 

JAKARTA: PT Tri Marga Rekatama, agen penjualan pesawat Sukhoi di Indonesia, masih melakukan negosiasi dengan pihak Sukhoi Rusia terkait besaran klaim asuransi untuk para korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di lereng Gunung Salak Bogor, Rabu 9 Mei 2012. 

"Sekarang kami masih rapat. Nanti jika sudah ada keputusan, akan kami informasikan," ujar Sunaryo, konsultan bisnis Tri Marga Rekatama, sore ini. 

Sebelumnya, Sunaryo mengatakan akan membuka pembicaraan untuk menyesuaikan besaran klaim asuransi yang sesuai dengan Kemenhub No 77 tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Angkutan Udara. 

Jika mengacu peraturan tersebut, ujarnya, maka setiap korban meninggal akan mendapatkan klaim asuransi senilai Rp1,2 miliar. 

Awalnya, pihak Sukhoi menyatakan akan membayarkan klaim asuransi senilai US$50 ribu untuk setiap korban kecelakaan. 

Namun begitu, ujar Sunaryo, perlu menjadi catatan bahwa kondisi yang tertera pada aturan tersebut untuk penumpang pesawat yang membayar tiket. 

"Besok rencananya kami akan bertemu dengan mereka dan dengan pihak asuransi. Menurut peraturan di Indonesia, setiap korban meninggal kecelakaan akan mendapatkan santunan asuransi Rp1,2 miliar. Ini akan saya sampaikan [ke pihak Sukhoi]," ujarnya, hari ini, Kamis 17 Mei 2012. 

Selain soal besaran, pihaknya juga akan membicarakan skema penyaluran klaim asuransi. 

Sebab hingga saat ini, dia belum mengetahui pasti prosedur pencairan klaim asuransi tersebut apakah akan dilakukan melalui asuransi asing kemudian kepada Trimarga lalu ke keluarga korban atau langsung dari Sukhoi ke Trimarga kemudian ke keluarga korban. 

Sunaryo mengakui memang butuh waktu untuk membicarakan besaran dan proses pencairan asuransi kepada keluarga korban. Klaim asuransi, lanjutnya, akan dicairkan setelah seluruh proses, termasuk identifikasi jenazah, selesai. 

Sukhoi merupakan perusahaan penerbangan utama di Rusia. Perusahaan ini tidak saja memroduksi jenis pesawat militer, melainkan juga pesawat komersial. 

Adapun Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) merupakan pesawat penumpang kedua buatan Rusia yang mulai diproduksi pada 2007.(msb)

 

BACA JUGA:

11:56 - Dolar AS Keok Di Pasar Asia

10:58 - HARGA EMAS Naik 1,93 Sen Dolar/Gram

06:53 - EDITORIAL BISNIS: Kasus Korupsi Jangan Tertutup Karena Musibah Sukhoi

02:25 - GAGALNYA LADY GAGA: Sold Out Dulu Baru Izin…?

01:55 - BLACK BOX SUKHOI: Ini Rute Perjalanan Panjang Kotak Hitam Setelah Ditemukan

01:46 - FINAL LIGA CHAMPIONS: Ujian Terberat DI MATTEO

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Anggi Oktarinda

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top