Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Eksekutif dari  es krim Wall’s Dreamy Creamy PT Unilever Indonesia Tbk  mengajak para ibu Indonesia untuk menghidupkan kembali kegiatan mendongeng pada anak Indonesia, karena kegiatan mendongeng dipercaya dapat memberikan banyak manfaat antara lain mengajarkan nilai-nilai moral dan juga memperkaya anak dengan kosa kata baru.
 
Nuning Wahyuningsih, Senior Brand Manager Wall's in Home PT Unilever Indonesia Tbk, mengatakan hasil sebuah survei yang dilakukan pada 500 anak usia 3-8 tahun di Inggris, terungkap hampir dua per tiga anak menginginkan orang tuanya dapat meluangkan waktu membacakan mereka cerita sebelum tidur, terutama ibu ketimbang ayahnya. 
 
"Survei ini menyimpulkan bahwa ibu adalah pendongeng terbaik untuk anaknya," katanya
 
Menurut siaran persnya kemarin sore , psikolog anak Efnie Indrianie mengatakan kegiatan mendongeng membuat keterikatan emosional antara ibu dan anak menjadi semakin erat.
 
“Mendongeng sebagai kegiatan sehari-hari sangatlah penting untuk menciptakan manusia yang memiliki kecerdasan emosional dan intelektual. Selain itu, cerita dongeng yang disampaikan sebaiknya terkandung nilai-nilai moral sehingga akan terekam oleh anak-anak hingga dewasa,” tambah Efnie.
 
Upaya menarik perhatian anak-anak, katanya Efnie, seorang ibu harus mencari cara mendongeng yang efektif agar anak-anak dapat fokus mendengarkan. 
 
“Anak-anak usia balita masih mengandalkan indera pengecap sehingga untuk memulai satu kegiatan, termasuk mendongeng, dapat diawali dengan memberikan cemilan, misalnya es krim, yang dapat membuat mereka tertarik perhatiannya,” kata Efnie.
 
Sementara Awam Prakoso, seorang pendongeng dari Kampung Dongeng mengungkapkan masih banyak orang tua yang merasa kesulitan mendongeng untuk anaknya dengan alasan tidak bisa bercerita, padahal semua orang punya kemampuan bercerita.  
 
“Mendongeng itu mudah. ceritanya bisa diambil dari kejadian sehari-hari atau hal-hal yang menarik di sekitar kita. Yang penting orang tua harus pandai mengkreasikan cerita tersebut dan buatlah cerita dongeng dengan hubungan sebab-akibat, sehingga lebih mudah dicerna oleh anak,” kata Awam yang dapat meniru banyak bunyi-bunyian binatang.
 
Awam menyarankan agar saat mendongeng, para ibu menciptakan suasana pembuka yang akrab agar anak menjadi rileks namun tetap antusias.
 
Sepanjang Mei- Juni, Wall’s Dreamy Creamy bersama Komunitas Kampung Dongeng akan mengadakan roadshow mendongeng ke beberapa sekolah di Jakarta dan workshop mendongeng bagi para orang tua murid. 
 
"Diharapkan melalui rangkaian kegiatan ini, para ibu Indonesia semakin menyadari pentingnya mendongeng bagi kedekatan ibu dan anak," kata Nuning disela-sela peluncuran produk baru dari es krim tersebut. (sut)
 
 
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper