Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NEW7 WONDERS: JK yakin KOMODO dongkrak pariwisata NTT

JAKARTA: Pengesahan Taman Nasional Komodo sebagai New7 Wonders of Nature diyakini dapat mendongkrak sektor pariwisata dan perekonomian di pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Mei 2012  |  19:24 WIB

JAKARTA: Pengesahan Taman Nasional Komodo sebagai New7 Wonders of Nature diyakini dapat mendongkrak sektor pariwisata dan perekonomian di pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

 

Ketua Dewan Pembina Yayasan Komodo Kita Jusuf Kalla mengatakan setelah penghargaan itu sah disandang taman tersebut maka perbaikan infrastruktur di kawasan itu akan dipercepat.

 

"Pembangunan hotel sudah mulai marak, airport diperpanjang, fasilitas kesehatan dan pendidikan juga diperbaiki," katanya dalam jumpa pers terkait konfirmasi New 7 Wonders of Nature di Gedung Palang Merah Indonesia Pusat di Jakarta, Rabu 16 Mei 2012.

 

Dia memaparkan saat pihaknya mulai menyiapkan taman Komodo untuk kompetisi itu, penerbangan ke sana hanya satu kali per hari. Sekarang, sudah lima kali per hari.

"Kami berharap jumlah penerbangan akan meningkat 10 kali dalam sehari," paparnya.

 

Pihaknya juga menargetkan minimal jumlah kunjungan wisatawan ke lokasi itu sekitar 10% dari total wisatawan Bali pada tahun pertama setelah terpilih jadi New 7 Wonders of Nature.

 

"Dalam sehari ada 6.000 wisatawan yang masuk ke Bali, paling tidak 10% dari jumlah itu datang ke Taman Komodo,"katanya.

 

Kalla menambahkan meski nanti Taman Nasional Komodo akan ramai wisatawan namun pihaknya menjamin kelestarian hewannya sendiri akan tetap terjaga.

 

Nantinya, pengunjung yang akan melihat komodo dibatasi durasinya selama dua jam. Selain itu, dari 4.000 ekor komodo yang ada di kawasan tersebut hanya 10 ekor yang boleh dilihat pengunjung.

 

"Kunjungannya akan eksklusif. Yang akses hanya pantai-pantainya,"katanya. (ea)

 

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Dinda Wulandari

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top