Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENDIDIKAN NASIONAL : 6 Perguruan Tinggi observasi Posdaya IPB

 

 

 

BOGOR: Perwakilan dari enam Perguruan Tinggi di Sumatra Barat melakukan Observation Study Tour (OST) ke Posdaya “Bina Sejahtera” Pasir Mulya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor  hari ini.

 

Posdaya “Bina Sejahtera” merupakan salah satu Posdaya binaan Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB. Keenam Perguruan Tinggi tersebut adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Universitas Andalas (Unand), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Batusangkar, Universitas Tamansiswa Padang dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang.  

Rombongan ini melakukan OST ke  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) “Bina Mentari”, kebun anggrek, usaha tani ternak, komunal, Posyandu “Bina Melati” dan Posbindu Lansia “Bina Sehat”, Pustaka Keliling, Lembaga Keuangan Mikro (LKM), Kompudaya Sekretariat dan Pameran.

 

Dalam pameran tersebut dipamerkan produk dari Posdaya Pasir Mulya. Selain itu, produk dari beberapa Posdaya lain binaan IPB, diantaranya Posdaya Kenanga, Posdaya Benteng Harapan, Posdaya Sauyunan, Posdaya Mekarsari dan Posdaya Mandiri Terpadu.

Pada acara ini juga diadakan sesi “tatap muka” yang meliputi sambutan dan tanya jawab. Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr. Shofwan Karim Elha mengucapkan apresiasi atas kesempatan untuk OST ke Posdaya ini. Dr. Shofwan juga mengungkapkan rasa tertariknya dengan kagiatan-kegiatan Posdaya ini. 

Dalam sambutanya, Rektor STAIN Batusangkar, Prof. Hasan Zaini mengungkapkan bahwa ada tiga kata kunci yang harus diperhatikan dalam masalah Posdaya ini. “Ada tiga istilah penting  dalam masalah Posdaya ini. Pertama Swadaya, kedua Swadana dan yang ketiga Swakarya”, tandasnya. Prof. Hasan juga mengungkapkan bahwa ini merupakan pertemuan yang sangat “afdhol” dan akrab. “Mudah-mudahan ini hubungan yang baik antara kita sesama kita dari Sumatera Barat ke Bogor ini” ujarnya. 

Pasir Mulya merupakan kelurahan yang terpilih sebagai lokasi Program Posdaya yang didampingi P2SDM-LPPM IPB pada Mei 2007. Selama lima tahun berdiri, ini merupakan yang ke-20 kalinya Posdaya “Bina Sejahtera” menerima Observation Study Tour (OST) di tempat mereka.

 

Kegiatan yang ada di Posdaya ini dilaksanakan dengan prinsip pengembangan  potensi lokal. Program lebih difokuskan pada bidang yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi produktif dan lingkungan.(msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inria Zulfikar
Sumber : Herry Suhendra

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper