Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERANCANG MODE: Era Soekamto jadi Direktur ITPC

 
Zulkarnaini Muchtar
Zulkarnaini Muchtar - Bisnis.com 13 Mei 2012  |  19:59 WIB

 

 

JAKARTA:  Era Soekamto, anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) mendapatkan kepercayaan dari pihak PT Iwan Tirta  sebagai Direktur Kreatif  Iwan Tirta Private Collection  (ITPC) untuk meneruskan  karya dan pakam  batik dari almarhum maestro batik Iwan Tirta.

 

“Proses untuk memutuskan tawaran dari ITPC cukup lama. Saya terdiam lama. Kurang lebih satu minggu saya merenung. Apakah bisa saya membawa nama besar Iwan Tirta. Batik tidak hanya melanjutkan warisan, tapi membawa icon bangsa,” kata Era di sela-sela acara Preview Show Muhibah Seni dan Budaya ke Spanyol di Hotel Dharmawangsa, Minggu malam, 13 Mei 2012.

 

Maestro batik Iwan Tirta yang bernama lengkap  Nusjirwan Tirtaamidjaja meninggal dunia pada pertengahan 2010. Iwan Tirta membawa nama Indonesia ke dunia global. Karya-karya batiknya dikenakan banyak kepala negara seperti Ratu Elizabeth II, Ratu Sophie dari Spanyol, Ratu Juliana dari Belanda. Bahkan 18 pemimpin dunia memakai batik rancangan Iwan Tirta pada  acara KTT APEC 1994  di Istana Bogor .

 

Setelah  Iwan Tirta meninggal, tampuk desain untuk melanjutkan karya, dan pakam ITPC sempat kosong. 

 

Daniel Sugiarto, Diretur Operasional ITPC mengatakan  Era dipilih dengan banyak pertimbangan. “Kami tertarik kepada Era atas upaya yang telah ia lakukan sejak lama untuk mengembangkan batik dan tarian Jawa. Ia tidak hanya seorang desainer, tetapi seseorang yang peduli akan budaya," kata Daniel.

 

Era, perancang mode kelahiran Lombok, 3 Mei 1976 itu  resmi mengemban tugas baru sebagai Direktur Kreatif  Iwan Tirta Private Collection (ITPC) per Mei 2012. Meski sebenarnya, Era sudah bergabung dalam tim kreatif ITPC sejak Februari 2012.

 

Era  dipercaya melanjutkan warisan 10.000 motif batik berikut pakem dan filosofi Iwan Tirta, baik dalam kain batik, busana pria dan produk lainnya. Ia berkomitmen untuk konsisten menghadirkan pemikiran Iwan Tirta di setiap koleksi terbaru dengan sentuhannya.

 

"Pemikiran Iwan Tirta akan tetap hadir dalam koleksi kreasi terbaru yang disesuaikan dengan fashion kekinian, yang lebih mempertajam gaya hidup kekinian, sekaligus me-refresh produk,"  kata Era.(msb)

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>>> 10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI HARI INI

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

>>BACA JUGA

Gara-gara JPMorgan, ORANG TERKAYA DI DUNIA merugi US$4,2 miliar

KRONOLOGI JATUHNYA SUKHOI versi Kementerian Perhubungan

KINERJA KUARTAL I/2012: Laba bersih Bakrie Plantations anjlok 64%


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Reni Efita Hendry

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top