Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

COMMONWEALTH BANK Indonesia terima Trailblazer Awards kategori mobile banking

SINGAPURA: Commonwealth Bank Indonesia memperoleh penghargaan khusus Trailblazer Awards 2012 untuk sistem mobile banking yang diterapkannya.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Mei 2012  |  19:30 WIB

SINGAPURA: Commonwealth Bank Indonesia memperoleh penghargaan khusus Trailblazer Awards 2012 untuk sistem mobile banking yang diterapkannya.

 

Servis tersebut mulai beroperasi Juni 2011, dan sejauh ini telah mendapat perhatian nasabah,  kata Ian Phillip Whitehead, Director of Retail, and Business Banking Commonwealth, dalam perbincangan dengan pers Indonesia, di Singapura.

 

Menurut dia, target pengguna mobile banking sampai akhir 2012 adalah  35 persen dari total nasabah yang jumlahnya 150.000 orang. Mereka itu kalangan muda, usia 30-40 tahun yang sangat bergantung pada handphone dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

 

Bank Commonwealth Indonesia berdiri sejak 1997, memiliki 84 cabang di 26 kota besar, dan fokus pada pengembangan layanan perbankan ritel, termasuk produk kredit, deposito, investasi reksadana dan asuransi.

 

Keputusan bank yang berkantor induk di Australia itu untuk masuk dalam jasa mobile banking berangkat dari data populasi Indonesia, dimana lebih dari 40 persen penduduk atau sekitar 80 juta jiwa, merupakan kaum muda atau dalam usia produktif. Mereka bergantung pada handphone dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

 

Fenomena tersebut mendorong peluncuran mobile banking pada Juni 2011 untuk telepon pintar BlackBerry dan iPhone. Dengan servis tersebut, nasabah dapat melakukan semua urusan perbankan, termasuk membeli aneka jenis reksadana, cukup lewat handphone.

 

"Mobile banking memungkinkan nasabah melakukan transaksi secara sederhana, cepat, dan fleksibel," ujar Andrian Laoh, Wakil Presiden Direktur Commonwealth, pada Jumat malam (11 Mei 2012) saat menerima penghargaan di hadapan sedikitnya 150 orang hadirin dari kalangan perbankan global, di Grand Copthorne Waterfront Hotel, Singapura.

 

VRL, perusahaan konsultan dan analisis keuangan, yang menjadi penyelenggara Banking and Payment Asia Trailblazer Awards 2012 itu, memuji inisiatif Commonwealth dalam meluncurkan mobile banking system sebagai aplikasi pertama di Indonesia yang memungkinkan pembelian produk-produk investasi.

 

Institusi  finansial asal Indonesia yang juga memenangkan penghargaan Trailblazer tahun ini adalah Bank Mandiri, untuk kategori 'Product excellence in e-commerce.' Pemenang lainnya dari berbagai kategori adalah CIMB, Maybank, OCBC, DBS, Security Bank, Siam Commercial Bank, BPI, Kasikornbank, Beam, Citibank, Standard Chartered Bank, dan Kotak Mahindra Bank. (JIBI/ea) 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Linda Tangdialla

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top