Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI-Jerman Siapkan Riset Konservasi Kepulauan Siberut

BOGOR: Dalam upaya pengembangan Siberut Conservation Program yang sudah sejak tahun 2002 diinisasi oleh Institut Pertanian Bogor (IPB)  dan Deutsche Primate Zentrum (DPZ), Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB mengadakan workshop dengan tajuk

BOGOR: Dalam upaya pengembangan Siberut Conservation Program yang sudah sejak tahun 2002 diinisasi oleh Institut Pertanian Bogor (IPB)  dan Deutsche Primate Zentrum (DPZ), Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB mengadakan workshop dengan tajuk "Siberut Conservation Programme (SCP) New Research and Community Development Initiatives" di Ruang Sidang Senat Kampus IPB Dramaga.Workshop  yang berakhir hari ini selain menghadirkan para peneliti dari Jerman juga menghadirkan staf peneliti IPB  alumni dari Jerman. Para peserta  memberikan pemikiran-pemikiran baru terkait riset selanjutnya yang akan dikembangkan di SCP.Wakil Rektor bidang Riset dan Kerjasama, Prof. Dr.Ir. Anas M Fauzi dalam sambutannya menyampaikan IPB telah lama memiliki hubungan baik dengan Jerman. Jerman adalah Negara ke dua setelah Jepang yang memiliki jumlah alumni terbanyak di IPB."Sudah ada sekitar dua ratus orang staf pengajar IPB merupakan alumni dari Jerman,"katanya.Sementara itu Direktur German Academic Exchange Service (DAAD), Dr. Irene mengungkapkan rasa senangnya bahwa Jerman merupakan salah satu Negara pilihan terbanyak bagi staf pendidik di IPB.          " DAAD sebagai organisasi yang memfasilitasi  pertukaran pelajar untuk studi ke Jerman merasa senang bahwa Negara Jerman telah menjadi pilihan staf.pengajar dari IPB," katanya.Selain itu terkait Siberut Conservation Program dia  menyampaikan bahwa alumni diharapkan dapat secara aktif memberikan  ide-ide atau inisiatif antar alumni di berbagai disiplin ilmu terutama kaitannya dengan masalah masalah konservasi dan biodiversity dan keberlanjutan penggunaan lahan khususnya di kepulauan Siberut.Dalam workshop IPB memperkenalkan konsep Center of Exellence Tropical Biodiversity IPB,konsep ini terdiri dari gabungan peneliti peneliti yang bekerjasama untuk menggunakan praktik-praktik riset terbaik seputar biodiversitas untuk mencapai tujuan bersama.Konsep ini dapat dikembangkan selain untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi hasil riset biodiversity. Juga dapat meningkatkan nilai riset IPB dalam biodiversity. Selain itu juga dapat meningkatkan kepuasan publik tentang hasil riset di bidang biodiversitas. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inria Zulfikar
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper