Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PUNCAK MAHAMERU: Pendakian ke Gunung Semeru dibuka

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 10 Mei 2012  |  20:36 WIB

 

 

MALANG: Balai Besar Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (BB-TNBTS) membuka pendakian kembali ke Gunung Semeru menyusul status Gunung Semeru yang  turun dari Siaga (level III) ke Waspada (level II).

 
Juru Bicara BB-TNBTS, Nova Elina, mengatakan kendati dibuka namun pendakian hanya dibatasi sampai Kalimati saja. Sehingga pendaki dilarang menuju puncak Mahameru atau kawah Jonggring Saloka.
 
 
“Karena masih berbahaya, sehingga pendakian hanya kami batasi sampai Kalimati saja,” kata Nova Elina di Malang, Kamis (10/5).
 
 
Menurutnya, keputusan tersebut mengacu pada keputusan rapat koordinasi yang dilakukan pihaknya bersama lembaga terkait pada Rabu (9/5). Berdasarkan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas hingga di wilayah sejauh 4 km.
 
 
“Wilayah tersebut berada di seputar lereng tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru atau Jongring Saloka yang menjadi alur luncuran awan panas.”
 
 
Selain itu, bahaya lain yang mengancam adalah masih banyaknya endapan material vulkanik lepas hasil letusan Semeru beberapa waktu lalu di sekitar kawah dan puncak.
 
 
“Sehingga jika terjadi hujan di daerah puncak, ada bahaya aliran lahar  dingin yang melalui Sungai Besuk Kembar, Besuk Kobokan, dan Besuk Bang. Karena itu pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada dengan tidak melakukan aktivitas di sungai tersebut,” jelasnya.
 
 
Ketua Paguyuban Pengemudi Bromo-Tengger-Semeru (BTS), Juli Armaji, mengatakan kendati pendakian hanya dibatasi sampai Kalimati, hal itu tidak berpengaruh banyak terhadap keberadaan armada jip yang beroperasi di wilayah BTS.
 
 
“Pembukaan kembali jalur pendakian ke Semeru kendati hanya dibatasi sampai Kalimati tetap membuka peluang armada jip untuk beroperasi. Secara umum kami siap untuk mengantar para wisatawan,” jelas Juli Armaji.
 

Sejauh ini tarif ke Ranu Pani Semeru, kata dia, sekali angkut Rp525.000 berisi 15 orang atau Rp35.000 per orang. Sedangkan untuk ke Bromo berisi delapan orang Rp550.000.(msb)

 

BACA JUGA:

>>Jangan Wait & See, Kejarlah Dolar & Obligasi

>>Sampoerna serious on bank business

>>BI Tak Bisa Mediasi Bos Femina vs Citibank Gara-Gara Potensi Keuntungan

>> SUKHOI CRASH: Police to identify victim's family to match with bodies

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Mohammad Sofi'i

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top