Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

 

 

JAKARTA: PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan penanaman mangrove pada 47 guludan di Kawasan Hutan Tol Sedyatmo, Angke Kapuk, DKI Jakarta .

 

 Acara yang mengusung tema “Hijau Negeriku, Lestari Alamku” ini dilakukan dalam rangka rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-47 PGN. Acara ini juga merupakan dukungan bagi program penanaman 1 miliar pohon yang dicanangkan oleh pemerintah.

 

Penanaman mangrove berikut pemeliharaannya melibatkan 75 orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang saat ini memperoleh beasiswa dari PGN melalui Karya Salemba Empat (KSE). Penanaman mangrove di kawasan pesisir Angke Kapuk ini menggunakan teknik guludan yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Cecep Kusmana dari IPB.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Cecep Kusmana yang menciptakan inovasi, sehingga dengan penemuan itu, kita dapat merehabilitasi tanaman kita,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS dalam siaran pers IPB hari ini, Kamis 10 Mei 2012.

 

Kegiatan ini bermaksud untuk merehabilitasi ekosistem mangrove di wilayah pesisir Angke Kapuk, Jakarta agar ekosistem mangrove di wilayah tersebut dapat berfungsi optimal dalam perlindungan lingkungan pesisir. Hal tersebut bertujuan memberikan manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat  pesisir di sekitar Angke Kapuk khususnya dan masyarakat pesisir DKI Jakarta pada umumnya.

 

Walikota Jakarta Utara,  Bambang Sugiono, menyampaikan apresiasinya kepada IPB dan PGN sebagai penyelamat warga Jakarta.

 

Ekosistem mangrove mempunyai berbagai fungsi ekologis dan sosial ekonomis yang berperan penting untuk pemeliharaan dan peningkatan kualitas jasa lingkungan serta pembangkitan kualitas hidup masyarakat pesisir di sekitar hutan mangrove tersebut.

 

Direktur Teknologi dan Pengembangan PGN, Jobi Triananda Hasjim mengungkapkan,“PGN ingin pandai memelihara, tidak hanya pandai menanam dan harus mamastikan bahwa pohon mangrove tidak hanya menjadi program pemerintah tapi  kita upayakan bagaimana ini bisa menjadi penjaga  ekonomi negara”. (msb)

 

BACA JUGA:

>>Jangan Wait & See, Kejarlah Dolar & Obligasi

>>Sampoerna serious on bank business

>>BI Tak Bisa Mediasi Bos Femina vs Citibank Gara-Gara Potensi Keuntungan

>> SUKHOI CRASH: Police to identify victim's family to match with bodies

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inria Zulfikar
Sumber : Herry Suhendra

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper