Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN BALI realisasikan Rp68,31 miliar untuk 86 dusun

 
Matroji
Matroji - Bisnis.com 10 Mei 2012  |  19:51 WIB

 

DENPASAR: PT PLN Persero merealisasikan anggaran Rp68,31 miliar untuk melistriki sedikitnya 86 dusun di Provinsi Bali yang masuk daftar tunggu pada 2010 dan 2011.
 
Kepala Bidang Humas PT PLN Persero Bali Agung Mustika merinci sebanyak Rp11,57 miliar anggaran digelontor pada 2010 untuk 20 dusun di Bali. Adapun sisanya atau Rp56,74 miliar digunakan untuk melistriki 66 dusun. “Seluruh pendanaan ditopang APBN,” katanya kepada Bisnis, hari ini.
 
Pada penyelesaian konstruksi travo, lanjutnya, pengerjaan ditenderkan secara terbuka dengan menggandeng pihak ketiga. Selain pemasangan travo, pengerjaan itu juga meliputi pengerjaan jaringan tegangan rendah dan menengah yang membentang diseluruh dusun di Bali.
 
Untuk daftar tunggu pelanggan 2012, lanjutnya, PLN menargetkan mengaliri 16 Dusun di Bali belum terlairi listrik 0,36% dari total dusun. Pada catatan itu, terdapat potensi sebanyak 2.710 calon pelanggan yang sudah masuk daftar tunggu. 
 
Secara rinci, pelaksanaaan konstruksi ketenagalistrikan Bali yang dipimpin Untung Muwardi menargetkan pengaliran listrik paling banyak di Kabupaten Bangli dengan banyak 8 dusun. Dilanjut oleh Kabupaten di timur pulau Bali, Karangasem sebanyak 5 dusun. 
 
Selanjutnya, kabupaten Klungkung sebanyak 2 dusun dan Kabupaten Buleleng 1 dusun. Untuk pemantauan saat ini, pengaliran sebanyak 16 dusun itu masih dalam pengerjaan dan ditarget mampu beroperasi pada 2013. 
 
Pada pengoperasian, ditarget 5.180 travo 160 kVA sudah terpasang. Untuk pengaliran listrik ke jaringan pelangan, sebanyak 174.961 mm2 (luas penampang selubung) jaringan tegangan rendah dan 57.442 mm2 jaringan tegangan menengah juga ditarget sudah terpasang. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top