Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KINERJA MANUFAKTUR: Produksi di Sumut turun 7%

MEDAN: Pertumbuhan produksi manufaktur mikro dan kecil di Sumatra Utara triwulan I/2012 turun sebesar 7,14% dibandingkan dengan triwulan IV/2011. 
Andi Suhendri Rambe
Andi Suhendri Rambe - Bisnis.com 08 Mei 2012  |  14:44 WIB

MEDAN: Pertumbuhan produksi manufaktur mikro dan kecil di Sumatra Utara triwulan I/2012 turun sebesar 7,14% dibandingkan dengan triwulan IV/2011. 

Kepala Badan Pusat Statistik Sumatra Utara Suharmo membenarkan terjadinya penurunan produksi industri manufaktur mikro dan kecil di daerah ini.

"Penurunan terjadi karena menurunnya permintaan di pasar (konsumen) setelah pasca penyambutan Natal dan Tahun Baru 2012," ujarnya, Selasa  8 Mei 2012.

Menurut dia, kalau dibandingkan pertumbuhan produski industri manufaktur triwulan I/2012 dan triwulan I/2011  ternyata mengalami kenaikan sebesar 4,99%.

Kenaikan ini, terjadi karena tersedianya bahan baku yang cukup dan semakin membaiknya ekonomi masyarakat yang tampak dari penaikan daya beli yang pada gilirannya menaikkan permintaan di pasar.Kalau dibandingkan dengan pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil nasiona dengan Sumatra Utara, maka pertumbuhan produksi daerah ini jauh lebih rendah.

Secara nasional pertumbuhan peoduksi industri mikro dan kecil triwulan I/2011 mencapai 7,22%, sedangkan Sumut hanya 4,99%.

"Ini mencerminkan pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil di Sumut jauh di bawah pertumbuhan nasiona," tandasnya. (ra)

 

>BACA JUGA

Pasar jangan sampai kosong buah impor

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top