Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HKI beri perlindungan hukum bagi produk UKM

 
Wisnu Wijaya
Wisnu Wijaya - Bisnis.com 08 Mei 2012  |  14:43 WIB

 

JAKARTA: Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) akan memberikan perlindungan dan kepastian hukum sehingga membantu perkembangan ekonomi dan melindungi pelaku usaha serta konsumen. 
 
Diretur Jendral HKI Prof. Ahmad Ramli mengatakan bahwa pihaknya mendorong UKM untuk mempunyai komitmen terhadap HKI sejak awal. Karenanya, sejak tahun lalu telah dibuka pendaftaran HKI secara gratis pada UKM. 
 
"Melindungi HKI tidak semata-mata untuk pelaku bisnis, bukan pula orang asing. Justru kita melindungi pelaku dan konsumennya, juga kreatornya," ujar Ramli dalam pembukaan forum dialog di Hotel Borobudur hari ini, terkait peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-12. 
 
Dia mencontohkan pengusaha Hendy Setiono, pemilik waralaba Kebab Turki Baba Rafi, yang memulai usaha dari pinjaman beberapa tahun lalu. Sekarang, Baba Rafi telah memiliki lebih dari 750 outlet. Perkembangan itu tak lepas dari kesadaran pemiliknya untuk mendaftarkannya ke HKI sehingga merek yang digunakan tidak boleh ditiru. 
 
Peringatan HKI sedunia ini bertujuan untuk memberikan penghargaan pada kreator dan inovator yang telah menghasilkan karya-karya intelektual yang baru, kreatif dan inovatif. (sut)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top