Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERBANKAN SUMUTNasabah antusias menabung, kendati tingkat suku bunga turun

 
Andi Suhendri Rambe
Andi Suhendri Rambe - Bisnis.com 07 Mei 2012  |  19:56 WIB

 

MEDAN: Walaupun rata-rata tingkat suku bunga perbankan di Sumut Triwulan I/2012 menurun,  dana pihak ketiga yang dihimpun perbankan di daerah ini sampai Maret 2012 tetap tumbuh sekitar 0,6% dibandingkan dengan Februari tahun yang sama.
 
"Dana pihak ketiga yang dihimpun perbankan yang beroperasi di daerah ini tetap tumbuh walaupun suku bunga [deposito, tabungan, dan giro] sudah turun,” ujar Mikhael Mudisatrio,  Kepala Bidang Moneter dan Perbankan Bank Indonesia Cabang Medan,  kepada Bisnis hari ini Senin 7 Mei 2012.
 
Menurut dia, dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun perbankan Sumut Maret 2012 mencapai Rp128,85 miliar. Penghimpunan dana deposito, paparnya, tumbuh 1,38% dan giro tumbuh 2,71%. 
 
Sementara itu pertumbuhan dana pihak ketiga lewat tabungan, tambahnya, turun sebesar 0,93% yang diduga akibat dari tingginya konsumsi masyarakat yang akhirnya mengurangi jumlah tabungan masyarakat di perbankan.
 
G. Ginting, penjual emas di Pasar Pringgan Medan mengatakan selain untuk konsumsi,  penjual emas di Pasar Pringgan Medan banyak anggota masyarakat sejak Februari-Maret mengalihkan intrumen menyimpan dana ke properti dan emas batangan. 
 
“Pada Maret lalu banyak masyarakat mengalihkan investasi dengan mengambil dana tabungan membeli emas batangan. Masyarakat memperkirakan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak, harga emas akan naik,” tuturnya.
 
Dia mengakui, stok emas batangan di Medan sempat kosong sekitar seminggu karena banyaknya permintaan dari masyarakat. Para pedagang emas di Medan, paparnya, sudah menyediakan emas batangan dari ukuran 20 gram hingga 200 gram, sehingga masyarakat tidak terlalu berat untuk membelinya. 
 
“Saat ini uang Rp10 juta disimpan di tabungan akan habis dimakan inflasi dan biaya administrasi. Kalau disimpan sampai Rp50 juta, suku bunga yang diberikan perbankan antara 2%-3% per tahun. Masyarakat sudah rugi bila menyimpan dananya di perbankan dalam bentuk tabungan dan deposito [5% per tahun],” tuturnya.
 
Mikhael Budisatri mengatakan instrumen penghimpunan dana pihak ketiga perbankan di perbankan Sumut masih deposito walaupun terjadi penurunan suku bunga atau imbal hasil yang diterima.
 
Pada Maret 2012, kata dia, tingkat suku bunga penghimpunan dana pihak ketiga perbankan mengalami penurunan dengan rentang sebesar 0,074%-0,58% seiring dengan penurunan BI rate.
 
Pertimbangan faktor keamanan dalam instrumen penghimpunan dana perbankan, kata dia, diperkirakan menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk tetap menyimpan dananya di perbankan. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top