Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sudan Selatan minati tata kelola lingkungan RI

Nusa Dua, BALI: Pemerintah Sudan Selatan menyatakan minat untuk mempelajari pengelolaan lingkungan hidup dari Indonesia, setelah negara tersebut secara resmi memperoleh kemerdekaan pada Juli 2011.Ketertarikan tersebut disampaikan secara terbuka oleh

Nusa Dua, BALI: Pemerintah Sudan Selatan menyatakan minat untuk mempelajari pengelolaan lingkungan hidup dari Indonesia, setelah negara tersebut secara resmi memperoleh kemerdekaan pada Juli 2011.Ketertarikan tersebut disampaikan secara terbuka oleh Menteri Lingkungan Hidup Sudan Selatan William Garzing usai bertemu Menteri Lingkungan Hidup Indonesia Balthasar Kambuaya di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), hari ini."Intinya Sudan Selatan ingin belajar pengelolaan lingkungan dari kita. Saat datang di Bali, dia kagum dengan penataan lingkungan dan banyak pohon-pohon hijau yang tumbuh dan tertata rapi disini," ujar Balthasar Kambuaya kepada wartawan, sore ini.Sudan Selatan merupakan negara yang baru saja memperoleh kemerdekaan, setelah hampir 50 tahun mengalami gejolak perang saudara.Tahap awal, dia telah meminta kepada William Garzing agar memberi masukan kepada kepala negara Sudan Selatan untuk mengambil langkah membuka hubungan diplomatik dengan Indonesia.Dengan pembukaan hubungan antara dua negara itu, lanjutnya pembicaraan kerjasama dalam berbagai bidang diharapkan berjalan baik dan saling menguntungkan dua belah pihak."Mereka belum punya kantor perwakilan di Indonesia. Itu yang saya sampaikan kepada mereka agar membuka hubungan diplomatik dengan Indonesia terlebih dahulu. Banyak hal yang bisa dipelajari oleh Sudan Selatan dari Indonesia, termasuk dalam bidang pendidikan," tuturnya.Balthasar menawarkan kerjasama di bidang pendidikan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman masyarakat di wilayah itu mengenai pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan."Kita punya banyak perguruan tinggi. Mereka bisa kirim pelajar untuk menempuh pendidikan di Indonesia, serta belajar analisa kebijakan-kebijakan apa saja yang diambil Indonesia di bidang lingkungan hidup," jelasnya.Kebijakan yang dicontohkan Balthasar kepada koleganya itu, salah satunya adalah upaya pemerintah melakukan kegiatan penghijauan melalui gerakan menanam 1 juta pohon. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Stefanus Arief Setiaji

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper