Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBY: Asean bisa jaga sentralitas

NUSA DUA, Bali: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Asean 2011 menegaskan Asean tetap akan menjaga sentralitas kawasan kendati kelompok yang beranggotakan 10 negara itu terus membuka diri terhadap kerja sama dengan mitra dialog.Kepala Negara

NUSA DUA, Bali: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Asean 2011 menegaskan Asean tetap akan menjaga sentralitas kawasan kendati kelompok yang beranggotakan 10 negara itu terus membuka diri terhadap kerja sama dengan mitra dialog.Kepala Negara juga memastikan Asean tetap akan memiliki peran yang kuat. Sampai saat ini, ujar Presiden, dirinya belum melihat perubahan yang mengurangi peran Asean sejak kawasan tersebut mengembangkan organisasi dengan mitra dialog baik mitra dialog dalam East Asia Summit (EAS) maupun Asean plus."Asean masih bisa menjaga sentralitasnya dan kami juga tetap berperan dalam kerja sama di kawasan ini," tegas Presiden kepada wartawan dalam jumpa pers penutupan KTT Asean ke-19 dan KTT terkait lainnya, hari ini.Menurut Presiden, Asean masih memiliki posisi yang kuat dalam menentukan agenda dalam banyak hal.Para pemimpin di luar 10 negara anggota Asean baik dalam konteks EAS dan Asean plus, menurut Presiden, juga masih menghormati sentralitas dan kepemimpinan Asean dalam upaya mengatasi berbagai masalah di kawasannya.Dia mengakui negara-negara besar memang memiliki kepentingan ekonomi dan kepentingan lainnya. Namun, ketika semua negara melebur dalam kelompok regional, ada kepentingan bersama yang harus diusung."Kita akan berangkat dari kepentingan bersama. Itu yang menjadi rujukan kita. Manakala ada kepentingan masing-masing, kita pastikan dengan asosiasi ini kita bangun pola common interest." (ea) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tusrisep

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper