Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa & dosen AS studi di UI

DEPOK: Sebanyak Sembilan pimpinan universitas di Amerika yang mewakili universitas dari kawasan Barat hingga Timur Amerika  melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melakukan kolaborasi akademik, salah satunya dengan Universitas Indonesia.Adapun kesembilan

DEPOK: Sebanyak Sembilan pimpinan universitas di Amerika yang mewakili universitas dari kawasan Barat hingga Timur Amerika  melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melakukan kolaborasi akademik, salah satunya dengan Universitas Indonesia.Adapun kesembilan Universitas itu ialah Brown University, California State University (Long Beach), George Washington University, Kansas State University, LaSalle University, University of Massachusetts, University of Mississippi, San Diego State University dan Syracuse University.Dalam kunjungan tersebut mereka diterima oleh Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri di kampus UI Depok hari ini. Delegasi yang berjumlah 12 orang, menyampaikan rencana pengiriman para dosen dan mahasiswa dari Amerika untuk melakukan serangkaian kerjasama seperti joint research, exchange student, double degree program.Direncanakan pengiriman para mahasiswa asal Amerika berkisar 50 hingga 100 orang mahasiswa dari Amerika ke Indonesia, khususnya UI. Hal ini didorong oleh peningkatan kualitas dari Perguruan Tinggi di Indonesia.  Sebagai ilustrasi, UI, melalui  rencana strategis yang ditetapkan oleh universitas, mengumpulkan seluruh sumber daya universitas melalui mekanisme integrasi keuangan, integrasi infrastruktur dan intregrasi akademik. Dengan sistem integrasi, UI mampu memiliki kekuatan ekonomi yang kuat, sehingga mendorong transformasi universitas.Dengan dana universitas sebesar  Rp2,4 Triliun  di tahun 2011 (pada tahun 2007 hanya Rp 650 milyar), UI dapat mengambil langkah - langkah strategis untuk membangun kultur akademik yang baik sebagai world class university.Adapun langkah strategis selama 4 (empat ) tahun (2007 - 2011) diantaranya  pengembangan sarana umum untuk peningkatan kinerja sivitas akademika yang ditandai dengan pembangunan hampir 30 fasilitas bersama kampus selama 4 tahun yaitu perpustakaan terpusat, 8  (delapan) laboratorium bersama;  8 (delapan) gedung dan sarana fakultas; 10 sarana-sarana fisik lainnya (jaringan IT, jalur sepeda, peremajaan bus kuning, integrated faculty club, boulevard, balairung)."Dengan fasilitas yang memadai, modern dan berkelas dunia, banyak warga dunia yang berkeinginan untuk menempuh studi tanah air, khususnya di UI, " kata Gumilar Somantri.Selain itu, UI melakukan peningkatan partisipasi riset dari para ilmuwan UI (kurang lebih 100 jurnal internasional per tahun), yang membangun reputasi ilmuwan Indonesia di kalangan elit ilmuwan dunia."Peningkatan partisipasi dari tahun 2007 ke 2011 mencapai 300%. Hal ini dimungkinkan karena UI secara bertahap meningkatkan kesejahteraan para pengajarnya. Sehingga para pengajar/ilmuwan dapat fokus mengembangkan keilmuwannya masing-masing. Hal ini mendorong minat mahasiswa asing untuk berguru dengan para ilmuwan di tanah air."Jumlah mahasiswa asing di UI saat ini hampir 1000 mahasiswa yang berasal dari Prancis, Itali, Inggris, Amerika, Jepang, Korea, Malaysia, Turki, Australia, dan lain-lain. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inria Zulfikar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper