Gramedia bangun gedung konvensi internasional di Makassar

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 September 2011  |  14:07 WIB

 

DENPASAR: PT Makassar International Expo (MIE), salah satu anak perusahaan kelompok Gramedia (KG)  akan membangun ruang convention bertaraf internasional di Makassar, sebagai pusat pelayanan di Kawasan Timur Indonesia (KTI).
 
Danny Budiharto, Dirut PT Nusa Dua Indonesia, mengemukakan pembangunan convention bertaraf internasional di Makassar ini akan menempati lahan 2,5 hektar di kawasan Tanjung Bunga dan direncanakan dimulai awal Januari 2012 dan 2013 sudah bisa beroperasi.
 
"Pembangunan bangunan convention ini akan dilengkapi dengan hotel berbintang empat dengan kapasitas berkisar 300  kamar. Jadi lokasinya terintegrasi dengan bangunan konvention," kata Danny di sela-sela menerima kunjungan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin meninjau Bali Nusa Dua Convention Center hari ini.
 
Dia mengemukakan pembangunan gedung convention ini dilakukan setelah proyek yang sama juga diresmikan pekan ini di Nusa Dua Bali. "Bulan Desember tahun ini kami juga akan mengoperasikan gedung convention di Medan," ujarnya.
 
Danny mengemukakan untuk kapasitas, Makassar Convention memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan Nusa Dua. "Kalau di Makassar bisa untuk 8.000 orang, sedangkan untuk Nusa Dua mencapai 5000 orang. Untuk medan hanya 3000 orang," ujarnya.
 
Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengemukakan investasi untuk gedung convention ini akan mendukung Makassar sebagai kota dunia. "Kita berharap kegiatan bertaraf internasional bisa lebih banyak lagi dilaksanakan di Makassar," katanya.
 
Sebagai kota MICE, menurut Ilham Arief, Makassar saat ini setiap tahun mengalami kesulitan untuk menyediakan fasilitas pameran dan ekspo yang berkapasitas ribuan orang. "Ruang kamar hotel saja sekali event bisa menyedot sampai 1500 kamar," tambahnya.
 
Saat ini, lanjut dia, jumlah kamar mencapai 2800 unit untuk bintang tiga hingga lima. Total termasuk hotel melati mencapai 4500 kamar. "Khusus Makassar kita masih kekurangan hingga 1500 kamar setiap tahun khususnya untuk hotel bintang," paparnya.
 
Penyediaan gedung convention yang bertaraf internasional akan menjadi daya tarik penyelenggara event di Makassar. Dengan demikiann lanjut dia, penyediaan hotel berbintang menjadi penting. "Kami berterima kasih kepada Kelompok Gramedia untuk menjadikan Makassar sebagai kota ke empat untuk dibangunkan geduang convention Internasional," ujarnya. (sut)   
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : M.Noor Korompot

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top