Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nama Yopie dicatut untuk memeras

JAKARTA: Nama Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat dicatut oleh sejumlah orang tak dikenal yang meminta uang kepada sejumlah perusahaan dan lembaga yang sudah melakukan pertemuan dengan Boediono maupun yang akan bertemu.Yopie mengatakan beberapa hari terakhir

JAKARTA: Nama Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat dicatut oleh sejumlah orang tak dikenal yang meminta uang kepada sejumlah perusahaan dan lembaga yang sudah melakukan pertemuan dengan Boediono maupun yang akan bertemu.Yopie mengatakan beberapa hari terakhir sejumlah mitra kerja mengaku telah dihubungi seseorang yang mengaku bisa memfasilitasi pertemuan dengan Wapres dan para menteri serta meminta sejumlah uang. “Saya tidak pernah meminta imbalan apapun dari manapun dalam penyelenggaraan tugas-tugas di Kantor Wakil Presiden. Mohon masyarakat luas waspada dan tidak meladeni permintaan apapun yang mengatasnamakan saya, staf saya, maupun siapapun yang mengaku bekerja di Sekretariat Wakil Presiden. Ini murni penipuan” ujar Yopie hari ini.Sejumlah mitra kerja yang melaporkan adanya penipuan atas nama Juru Bicara Wapres itu adalah Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor, PT Astra International Tbk, Ikatan Dokter Indonesia, serta tim dari pembalap muda Rio Haryanto yang baru melakukan pertemuan dengan Boediono.Yopie menjelaskan Wayan humas LPEI telah menghubunginya kemarin karena ada orang yang mengaku Jubir Wapres untuk bertemu dengan CEO Exim Bank Made Gde Erata dan meminta sejumlah uang. “Saya sudah bilang tidak perlu diladeni. Memang dia minta duit,” ujar Yopie.Selain itu, juga ada laporan dari Bambang Kuncoro, humas dari tim Rio Haryanto, pembalap muda Indonesia yang sempat bertemu dengan Wapres Boediono pekan lalu. Menurut pengakuan Bambang, ujar Yopie, orang yang mengaku dirinya tersebut meminta uang dari manajemen Rio, untuk keperluan lobi ke para menteri dalam rangka pencarian dana dukungan dari pemerintah.Penipu tersebut, tak hanya berhenti kepada dua pihak tersebut. Bahkan grup Astra juga mendapatkan modus penipuan serupa. Juru bicara Astra International Yulian Warman pun melapor ke Yopie, bahwa ada telpon dari orang yang mengaku Yopie ingin bertemu dengan Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto.Laporan juga datang dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia. Yopie diberitahu pihak IDI bahwa ada  telepon dari Istana Wapres yang ingin berbicara dengan Ketua Umum IDI.Modus ini sebenarnya pernah terjadi juga tahun lalu. Setwapres mengumumkan maraknya penipuan yang mengatasnamakan deputi atau staf dari Setwapres. “Namun, kali ini nama saya yang dicatut. Sejak kemarin saya menerima pengaduan dari rekan-rekan saya,” kata Yopie.(api) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper