Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sultan setujui perpanjangan masa jabatan selama setahun

JAKARTA: Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X mengatakan menyetujui perpanjangan masa jabatannya sebagai kepala daerah selama setahun, sambil menunggu selesainya proses pembentukan UU Keistimewaan Yogyakarta."Kami coba diskusi dengan Presiden dan
- Bisnis.com 28 September 2011  |  07:00 WIB

JAKARTA: Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X mengatakan menyetujui perpanjangan masa jabatannya sebagai kepala daerah selama setahun, sambil menunggu selesainya proses pembentukan UU Keistimewaan Yogyakarta."Kami coba diskusi dengan Presiden dan Mendagri bahwa RUUK belum selesai dan jabatan gubernur belum selesai, sehingga saya sepakat untuk menerima perpanjang tetapi 1 tahun tidak 2 tahun," ujarnya seusai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Presiden, kemarin.Dia menambahkan pertimbangan menerima perpanjangan setahun itu agar ada  pemahaman pada publik bahwa antara DPR dan eksekutif punya kemauan untuk menyelesaikan RUUK secepat mungkin." Jadi saya bersedia satu tahun. Itu akan memberi efek psikologis. Cukup tidak cukup, ya, [RUUK] harus selesai."Dalam hal ini, lanjutnya, bagi dirinya yang terpenting itu RUUK selesai secara cepat.Mendagri Gamawan Fauzi menambahkan Presiden Yudhoyono segera mengeluarkan surat keputusan perpanjangan masa jabatan Sultan.Dia membantah Sultan menolak perpanjangan masa jabatan dan mendapatkan tekanan dari pusat.

"Sultan justru yang mengatakan satu tahun. Presiden tidak menawarkan berapa tahun. Sultan yang menyampaikan sebaiknya satu tahun, supaya UUK segera diselesaikan."Dalam hal ini, ungkapnya, di dalam RUUK DIY sudah dibuatkan draft soal masa persiapan untuk dilaksanakannya ketentuan keistimewaan Yogyakarta.(faa) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top