Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Festival Bambu ciptakan ikon destinasi wisata

JAKARTA: Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Sapta Nirwandar mengatakan Festival Bambu Nusantara berupaya menciptakan ikon untuk memasarkan dan memperkuat Bandung dan Jawa Barat sebagai destinasi wisata.Angklung bambu, misalnya, kami jadikan ikon wisata

JAKARTA: Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Sapta Nirwandar mengatakan Festival Bambu Nusantara berupaya menciptakan ikon untuk memasarkan dan memperkuat Bandung dan Jawa Barat sebagai destinasi wisata."Angklung bambu, misalnya, kami jadikan ikon wisata saat mengikuti bursa-bursa wisata internasional. Sebagai alat pemasaran, hasilnya musik bambu itu mampu mengundang keramaian sehingga menjadi alat promosi wisata," katanya hari ini.Dia mengungkapkan alat musik calung, degung, arumba, angklung, suling semua alat dari bambu ini banyak dibuat di  Jabar. Karena itu pihaknya akan mensejajarkan musik bambu dengan musik modern yang disukai anak muda.Bambu Nusantara World Music Festival merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Kemenbudpar. Acara ini akan berlansung di sasana Budaya Ganesha Bandung pada 1-2 Oktober.Sapta mencontohkan kota kecil Montre di Swiss dikenal di dunia sebagai kota jazz karena ada Festival Jazz Northsea. Jika Festival Musik Bambu Nusantara menjadi ikon Bandung maka pengunjung event itu ke depan bisa ratusan ribu orang."Ini sama halnya dengan Java Jazz yang sudah mulai mendunia. Tahun depan kita bisa angkat musik bambu lebih mendunia dengan dibuat di Jakarta Convention Centre, misalnya," kata Sapta.Festival kali ini akan dijadikan sarana untuk merangkul kaum muda agar mencintai musik bambu. "Dulu anak muda malas pakai batik karena dinilai kuno. Kini hasil inovasi dan kreasi yang tinggi dan adanya pengakuan dunia membuat anak muda kini mau memakai batik," ungkap Sapta. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : nurul
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper