Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Audit forensik Century selesai November

JAKARTA: Badan Pemeriksa Keuangan yakin audit forensik terhadap bailout Bank Century akan tuntas November tahun ini, padahal sampai saat ini progresnya baru mencapai 40-50%.Audit forensik Century sekarang jalan terus dan progresnya sudah 40-50%

JAKARTA: Badan Pemeriksa Keuangan yakin audit forensik terhadap bailout Bank Century akan tuntas November tahun ini, padahal sampai saat ini progresnya baru mencapai 40-50%."Audit forensik Century sekarang jalan terus dan progresnya sudah 40-50% dan saya berharap akhir november sudah tuntas semuanya," ujar Hasan Bisri seusai mengucapkan sumpah jabatan sebagai Wakil Ketua BPK di Gedung Mahkamah Agung, Selasa 27 September.Banyaknya transaksi yang perlu dianalisis BPK menjadi faktor yang menyita banyak waktu dalam audit forensik."Itu sebetulnya karena begitu banyak transaksi yang perlu kita analisis satu per satu. Bayangkan kalau transaksi Rp400 juta ke atas itu ada puluhan bahkan ratusan ribu. Transaksi itu harus kita amati satu-satu," katanya.Mengenai aliran-aliran dana yang bermasalah, Hasan belum mau membeberkan informasi. "Saya belum bisa ungkapkan itu sekarang, jadi minta maaf. Saya komitmen atas sumpah dan janji, akan memberikan ke DPR, tidak ke masyarakat dulu," kata Hasan.Hasan juga menegaskan kalau berdasarkan hasil audit forensik ada indikasi tindak pidana, BPK akan mengajukannya ke aparat hukum. "Itu sudah jadi standar kita," tegas Hasan.Sebagai Wakil Ketua BPK yang baru, Hasan bertekat untuk melakukan pembinaan ke dalam institusinya. Hasan mengatakan perlunya sumber daya manusia yang profesional dan berpengetahuan luas untuk menyongsong persoalan-persoalan yang semakin berat, termasuk semakin maraknya korupsi.Audit forensik Bank Century yang dilakukan BPK, merupakan kelanjutan dari keputusan panitia khusus (Pansus) Century DPR, 3 Maret 2010 lalu. Audit forensik diharapkan dapat mengurai teka-teki penggelontoran dana bailout Bank Century sebesar Rp6,7 triliun.(Ana Noviani/ea) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper