Pembangunan landasan pacu Sepinggan kejar target

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 September 2011  |  14:24 WIB

 

BALIKPAPAN: Pembangunan landasan pacu Bandara Sepinggan Balikpapan ditarget segera terlaksana pada 2013.
 
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Balikpapan Suryanto mengatakan pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan aparat pemerintahan terkait. 
 
Dia menargetkan proses identifikasi tersebut bisa segera selesai sehingga pada 2012 bisa dilakukan pembayaran ganti rugi lahan.
 
“Setelah pembebasan baru bisa dilakukan pembangunan perpanjangan landasan pacu tersebut,” ujarnya kepada Bisnis hari ini.
 
Suryanto mengatakan sebenarnya lahan yang efektif digunakan untuk lokasi perluasan tersebut hanya seluas 8 hektar. Hanya saja, pihaknya menyesuaikan dengan standar keselamatan penerbangan yang telah ada sehingga diperlukan luasan sekitar 72 hektar untuk memperpajang landasan pacu bandara tersebut.
 
Pemerintah Provinsi Kaltim telah mengucurkan dana sebesar Rp20 miliar guna melakukan pembebasan lahan. Nantinya, landasan pacu bandara tersebut akan menjadi 3.250 meter x 45 meter dari kondisi saat ini sepanjang 2.500 meter x 45 meter.
 
Selain mendapatkan pendanaan dari APBD Kaltim, perpanjangan landasan pacu tersebut juga direncanakan mendapat bantuan dari APBN. (arh)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Rachmad Subiyanto

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top