Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Klaim asuransi kebakaran Sinar Mas naik 124 kali lipat

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 September 2011  |  17:10 WIB

 

SURABAYA: Klaim santunan kebakaran PT Asuransi Sinar Mas area Jawa Timur per Agustus tahun ini meningkat 12.400% jika dibandingkan dengan klaim periode yang sama tahun lalu.
 
Edi Rusianto, Manajer Regional Sinar Mas Jawa Timur menyatakan per Agustus 2011, klaim santunan kebakaran tercatat mencapai Rp3,5 miliar. Sementara pada periode yang sama tahun lalu, klaim yang dibayarkan hanya senilai Rp28 juta.
 
"Klaim paling banyak berasal dari cabang di daerah Jember, Jawa Timur dengan jumlah Rp1,2 miliar,” katanya  hari ini.
 
Menurutnya, banyaknya kebakaran yang terjadi beberapa bulan terakhir ini menjadi penyebab lonjakan klaim tersebut. 80% dari kebakaran tersebut dipicu oleh arus pendek listrik.
 
"Di daerah Jember, banyak gudang tembakau nasabah kami yang terbakar, karena kurangnya peremajaan sistem arus listrik pada bangunan tersebut sehingga terjadilah arus pendek tadi," tuturnya.
 
Jika klaim santunan kebakaran Sinar Mas Jatim melonjak drastis, tidak demikian dengan  klaim asuransi kendaraan bermotor atau mobil yang menjadi produk andalan mereka. Per Agustus 2011, klaim asuransi mobil Sinar Mas Jatim turun 51% menjadi Rp14,1 miliar dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp29 miliar.
 
“Klaim terbesar untuk mobil masih berasal dari Surabaya dengan jumlah Rp1,9 miliar. Penurunan ini seiring dengan perolehan premi asuransi mobil kami,” jelas Edi. 
 
Perolehan premi PT Asuransi Sinar Mas regional Jawa Timur per Agustus tahun ini turun 10,4% menjadi Rp76,5 miliar dibandingkan peroleh premi pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp85,4 miliar. Salah satu faktor penurunan premi ini disebabkan penerapan kebijakan pajak progresif dan kenaikan Bea Balik Nama di provinsi tersebut.
 
Secara keseluruhan, pembayaran klaim Sinar Mas Jawa Timur per Agustus 2011 turun 30% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya menjadi Rp25,8 miliar. Per Agustus 2010, klaim yang dibayarkan mencapai Rp36,8 miliar. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bunga Citra Arum N

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top