Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tata Nano, mobil murah yang jadi termahal di dunia

JAKARTA: Anda tahu bagaimana cara menjadikan mobil yang semula murah menjadi salah satu kendaraan paling mahal di dunia? Mudah saja. Tiru cara yang dilakukan oleh Ratan Tata, bos Tata Motor, pabrikan mobil asal India.City car Tata Nano yang semula cuma

JAKARTA: Anda tahu bagaimana cara menjadikan mobil yang semula murah menjadi salah satu kendaraan paling mahal di dunia? Mudah saja. Tiru cara yang dilakukan oleh Ratan Tata, bos Tata Motor, pabrikan mobil asal India.City car Tata Nano yang semula cuma dimulai dari Rp28 juta disulap oleh Tata Motor menjadi salah satu kendaraan paling mahal di planet ini yang dibanderol seharga Rp47 miliar. .Caranya? Ratan Taa menjejejalkan perhiasan emas, permata, dan perak ke seluruh permukaan Tata Nano.Dalam bahasa Tata Motors, mereka mengklaim telah menciptakan "kendaraan permata" yang pertama di dunia. Kendaraan itu dipamerkan di Mumbai, India.Ada 30 seniman yang bertugas memasang perhiasan dengan berat total 80 kilogram terdiri dari emas 22 karat, 15 kilogram perak dan 10 ribu intan  permata.Saat diluncurkan pada 2008, Tata Nano berhasil mengumpulkan 100.000 calon pembeli. Pada April tahun ini Tata bisa menyalurkan 10.000 unit namun pada Agustus hanya terkirim 1.200 unit.Menurut pengamat, anjloknya penjualan Tata Nano karena masalah keamanan dan kebakaran. Para pembeli kendaraan itu kemudian ditawari perbaikan sistem kelistrikan dan aliran pembuangan.Tata Motors beberapa waktu lalu membeli perusahaan otomotif Inggris, Jaguar Land Rover dan akan berinvestasi 355 juta pound sterling untuk membangun pabrik mesin di Wolverhampton, Inggris. (ea) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper