Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan UNBK, DPR Minta Daerah Contoh Surabaya

Komisi X DPR RI meminta pemerintah daerah mencontoh cara pengelolaan pendidikan dan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.
Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)/Antara
Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)/Antara

Bisnis.com, SURABAYA – Komisi X DPR RI meminta pemerintah daerah mencontoh cara pengelolaan pendidikan dan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Dalam kunjungan kerja ke Surabaya, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra mengatakan pengelolaan pendidikan dan persiapan UNBK sudah dilakukan Surabaya sejak lama sebelum mendekati ujian. Bahkan, Pemkot Surabaya mengalokasikan anggaran untuk pendidikan sebesar 33%, lebih besar dari yang dilakukan DKI Jakarta yakni 20%.

“Alokasi anggaran ini sesuatu yang menggembirakan. Pelaksanaan UNBK Surabaya sudah 100% siap dengan berbagai infratsruktur pendidikannya,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resmi, Kamis (5/4/2018).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengungkapkan Surabaya sudah melakukan persiapan UNBK jauh-jauh hari, bahkan sebelum ada kebijakan nasional. Selama ini, ungkapnya, berbagai ulangan yang ada di sekolah di Surabaya sudah menggunakan teknologi informasi.

“Memang ternyata anak-anak lebih senang memakai IT dari pada ujian manual harus gosok-gosok jawaban. Sekarang tinggal klik dan lebih cepat,” tutur Risma.

UNBK Surabaya yang berlangsung pada 23-26 April 2018 akan diikuti oleh 374 SMP dan MTs dengan total peserta 42.426 siswa. Jumlah pengawas ruangan dalam UNBK sebanyak 2.611 orang dengan server yang disediakan sebanyak 1.924 unit.

Adapun total clien sebanyak 19.947 komputer, proktor 638 orang, teknisi 527 orang, dan ruang ujian 655 ruangan. Sekolah yang melaksanakan UNBK secara mandiri tercatat sebanyak 366 sekolah dan yang bergabung dengan sekolah SMPN lain ada 8 sekolah.

“Persiapan UNBK sudah dilakukan dengan melakukan pengadaan komputer sebanyak 5.255 unit yang didampingi langsung oleh pihak kepolisian dan kejaksaan untuk disebarkan ke sekolah-sekolah,” imbuhnya.

Pemkot Surabaya juga membangun 1.900 titik WiFi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak untuk belajar, membangun 44 lokasi broadband learning center, dan 1.430 perpustakaan serta taman baca yang tersebar di berbagai titik kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper