Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dari Mengemis, Pria Ini Hasilkan Ratusan Juta Rupiah Sebulan

Pengemis adalah pemandangan umum di India. Tak ada satupun lampu lalu lintas yang dilewati tanpa ada tukang meminta-minta yang mencoba mendekati kaca mobil untuk meminta uang.
Ilustrasi Pengemis/Kemsos.go.id
Ilustrasi Pengemis/Kemsos.go.id

Kabar24.com, JAKARTA - Pengemis adalah pemandangan umum di India. Tak ada satupun lampu lalu lintas yang dilewati tanpa ada tukang meminta-minta yang mencoba mendekati kaca mobil untuk meminta uang.

Juga, tidak semua orang diberkati dengan tempat berlindung yang layak dan tiga kali makan sehari. Mereka ini tidak memiliki pilihan selain meminta dari orang yang lewat. Kebanyakan dari mereka berjuang untuk menghasilkan 100 rupee atau sekitar Rp 21 ribu per hari.

Tapi, pengemis yang sedang kita bicarakan tidak seperti yang dipikirkan. Pengemis penyandang cacat dari Jharkhand India ini memiliki kisah yang agak mengejutkan.

Chotu Baraik, seorang pengemis berusia 40 tahun yang cacat, menghasilkan 30000 rupee atau Rp 6,3 juta per bulan hanya dengan mengemis.

Baraik menjalani kehidupan pernikahan yang bahagia bersama tiga istrinya, salah satunya membantu menjalankan toko.

Baraik, penduduk Chakradharpur di distrik Singhbhum Barat, mengatakan dia menginvestasikan seluruh bisnisnya dari uang yang dihasilkan dari mengemis.

Dia memiliki toko sendiri yang dijalankan oleh salah satu dari tiga istrinya. Dia juga merupakan distributor untuk Vestige, perusahaan terkemuka yang bergerak dalam bidang kesehatan dan produk perawatan pribadi.

Penghasilannya total 1 juta rupee atau Rp211,3 juta sebulan. Baraik memiliki 20 staf yang mengelola usaha ini. Begitu dia selesai mengemis di pagi hari, dia mengenakan jas dan dasi di malam hari, memimpin rapat.

Baraik juga mengaku menikmati kebahagiaan pernikahan dengan ketiga istrinya, di mana hampir tidak pernah ada perselisihan di rumahnya.

"Istri pertamaku menjalankan toko peralatan. Penghasilan dari mengemis dan bisnis pemasaran didistribusikan sama di antara 2 istri saya yang lain. Jadi tidak ada perselisihan di antara mereka," katanya seperti dilansir Gulf News pada 8 Januari 2018.

Meski mendapat banyak uang dari bisnisnya, Baraik tidak berniat berhenti mengemis.

Cerita serupa dilaporkan dari daerah Bihar beberapa waktu yang lalu oleh India Tv ketika seorang wanita India yang diidentifikasi sebagai Sarvatia Devi memiliki dua rekening tabungan dan melakukan investasi yang baik dalam dua polis asuransi atas namanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper