Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kanada Punya Jalan Tol Pertama di Dunia Menuju Kutub Utara

Kanada meresmikan jalan tol pertama yang menghubungkan langsung negera tersebut dengan Arktik pada Rabu (15/11). Ini adalah hari bersejarah bagi Kanada, kata Menteri Infrastruktur Amarjeet Sohi.
Arktik/web
Arktik/web

Kabar24.com, INUVIK - Kanada meresmikan jalan tol pertama yang menghubungkan langsung negera tersebut dengan Arktik pada Rabu (15/11). "Ini adalah hari bersejarah bagi Kanada," kata Menteri Infrastruktur Amarjeet Sohi.

Arktik adalah sebuah wilayah di sekitar Kutub Utara yang meliputi Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, Islandia, Lapland, dan Norwegia (termasuk Svalbard), dan juga Samudra Arktik. (www.wikipedia.org)

"Negara kami dihubungkan dengan jalan – untuk pertama kalinya – dari pantai ke pantai ke pantai lainnya," katanya, merujuk kepada Samudra Atlantik, Pasifik dan Arktik.

Jalan tol baru tersebut menghubungkan Tuktoyaktuk, sebuah dusun di samudra Arktik, ke wilayah selatan Kanada.

Sohi, bersama dengan beberapa menteri federal lain dan Gubernur Jenderal Julie Payette – semuanya mengenakan parka – menghadiri upacara gunting pita.

Jalan tol sepanjang 145 kilometer di Northwest Territories menggantikan jalanan es musiman dan terhubung dengan semua sistem jalan tol Kanada.

Kehadiran jalan tol tersebut mengakhiri ketergantungan masyarakat pesisir terhadap transportasi udara yang mahal untuk mengantar makanan, perlengkapan, peralatan, dan untuk melakukan perjalanan.

Orang-orang kini dapat berkendara dari Edmonton, Alberta --kota paling utara di Kanada-- 3.200 kilometer utara ke Inuvik dan seterusnya ke pantai.

Jalan Inuvik Tuktoyaktuk juga akan meningkatkan pariwisata dan akses yang lebih baik untuk sumber daya alam, demikian seperti dikutip dari laporan AFP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper