Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunci Sukses Transportasi Massal di Singapura

Moda transportasi massal di Singapura seperti MRT dan bus bisa menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan solusi cepat sekaligus nyaman agar sampai ke lokasi tujuan.
Angkutan bus di Singapura/Istimewa
Angkutan bus di Singapura/Istimewa

Kabar24.com, SINGAPURA -- Moda transportasi massal di Singapura seperti MRT dan bus bisa menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan solusi cepat sekaligus nyaman agar sampai ke lokasi tujuan.

Apa yang dilakukan pemerintah setempat untuk itu? Menghadirkan teknologi berbasis data yang akurat.

"Mengapa pemerintah tertarik dengan teknologi? Untuk memastikan kami dapat memberikan kemakmuran yang lebih baik. Mobilitas perkotaan penting karena Singapura adalah kota yang sibuk, sehingga masyarakat menginginkan solusi cepat untuk transportasi," ujar Director of the Data Science Division in Government Technology Agency of Singapore, Liu Feng-yuan di Singapura, Rabu (7/6/2017).

Liu mengatakan, MRT bisa mengangkut 100-200 orang per satu unitnya, sementara bus berkapasitas sekitar 80-90 orang. Jam kedatangan dan keberangkatan moda pun sudah terjadwal secara akurat.

Angkutan ini tak hadir begitu saja. Pemerintah Singapura sebelumnya perlu memetakan kebutuhan angkutan umum masyarakat.

"Kami menggunakan data analitik untuk menghitung waktu perjalanan kerja. Ada semacam tanda, warna biru artinya jarak yang pendek, merah menunjukkan bahwa jarak perjalanan sangat panjang. Area yang biru berada di dekat stasiun MRT, jika Anda memperhatikannya," kata Liu.

Kunci Sukses Transportasi Massal di Singapura

Pemerintah Singapura juga memberikan keleluasaan pada pengguna jalan memetakan rute baru menuju suatu lokasi, melalui aplikasi Beeline.

"Beeline Software bisa diunduh melalui smartphone. Dari situlah kami kumpulkan data. Kami meminta orang-orang memberikan saran ke mana mereka ingin pergi dan kemudian kami menggunakan analisis data," tutur Liu.

Aplikasi ini juga bisa membantu pengemudi kendaraan personal seperti taksi atau layanan transportasi online mengetahui lokasi potensi penumpang.

Sementara, bagi warga Singapura, Beeline menjadi alat menentukan pilihan transportasi yang tepat dari sisi biaya, kenyamanan maupun jarak tempuh.

Kunci Sukses Transportasi Massal di Singapura

Transportasi online

Bermitra dengan penyedia layanan transportasi online juga menjadi upaya Pemerintah Singapura demi menghadirkan inovasi teranyar untuk sistem transportasi.

"Kami bermitra tidak hanya dengan Grab tapi juga dengan pihak lainnya. Pemerintah berkeinginan untuk bermitra dengan mereka yang tertarik untuk mengembangkan inovasi," kata Liu.

Head of Grab Singapore, Lim Kell Jay mengatakan, salah satu layanannya yakni GrabTaxi dan GrabCar menjadi solusi masyarakat mendapatkan moda transportasi terutama pada jam sibuk.

"Mengandalkan taksi saja saja tidak akan cukup, di situlah kami menghadirkan GrabCar. Biasanya, supir taksi harus mengikuti aturan meteran taksi, harganya tidak kompetitif karena harganya tetap. Tapi, Pemerintah Singapura benar-benar kompetitif, jadi mungkin ini yang pertama di dunia dimana taksi bisa menggunakan harga dinamis," kata Lim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper