Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulut Ekspor Ikan Beku ke Amerika Serikat

Provinsi Sulawesi Utara telah mengekspor ikan beku ke Amerika Serikat pada akhir Februari 2017, kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Darwin Muksin, di Manado, Jumat (10/3/2017).
Ilustrasi perikanan/Antara-Fanny Octavianus
Ilustrasi perikanan/Antara-Fanny Octavianus

Bisnis.com, MANADO -  Provinsi Sulawesi Utara telah mengekspor ikan beku ke Amerika Serikat pada akhir Februari 2017, kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Darwin Muksin, di Manado, Jumat (10/3/2017).

"Ikan beku yang diekspor ke Amerika Serikat sebanyak 18,35 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 196.005 dolar AS," kata Darwin pula.

Dia mengatakan AS sangat meminati ikan beku asal Sulut, karena memiliki ciri khas dan kualitas yang berbeda dari daerah lain.

"Mungkin karena perairan di laut Sulawesi yang sedikit berbeda," katanya pula.

Ia menjelaskan produk perikanan Sulut masih sangat disukai masyarakat AS, menyusul permintaan dari negara tersebut terus meningkat.

Permintaan produk perikanan baik ikan beku maupun ikan segar dari negara sahabat tersebut cukup tinggi dan terjadi secara rutin.

"Hampir setiap minggu produk perikanan Sulut diekspor ke negara adidaya tersebut untuk memenuhi permintaan masyarakatnya," katanya.

Ikan kaleng, ikan segar, ikan beku, dan ikan kayu menjadi andalan ekspor Sulut saat ini. Empat komoditas perikanan ini menghasilkan nilai ekspor lebih dari 10 persen, dari total nilai ekspor Sulut ke berbagai negara di dunia selama lima tahun terakhir ini.

Dia mengatakan, nilai ekspor yang besar dari ikan beku didapatkan di Jerman, Amerika Serikat, Arab Saudi, Inggris, dan Yaman, dan beberapa negara lain di Eropa, seperti Belgia dan Belanda, sejumlah negara Asia, seperti Korea, Taiwan, dan Tiongkok, serta beberapa negara di kawasan Timur Tengah dan Afrika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper