Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia dan China Koordinasi Melawan Sistem Pertahanan Rudal AS di Korsel

China dan Rusia sepakat meningkatkan koordinasi mereka untuk melawan penyebaran sistem pertahanan rudal AS di Korea Selatan, kementerian luar negeri China mengatakan pada Rabu (1/3/2017).
Sistem pertahanan rudal THAAD/Reuters-Badan Pertahanan Rudal, Dephan AS
Sistem pertahanan rudal THAAD/Reuters-Badan Pertahanan Rudal, Dephan AS

Bisnis.com, BEIJING - China dan Rusia  sepakat  meningkatkan  koordinasi  mereka untuk melawan penyebaran sistem pertahanan rudal AS di Korea Selatan, kementerian luar negeri China mengatakan pada  Rabu (1/3/2017).

Korea Selatan memutuskan tahun lalu untuk menyebarkan sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) AS  dalam menanggapi ancaman dari rudal Korea Utara.

THAAD (Terminal High Altitude Area Defense) adalah sistem pertahanan rudal yang unik dan canggih dengan presisi yang tak tertandingi, mampu melawan ancaman di seluruh dunia dengan mobilitas tinggi dan penempatan baterai unit strategis.

Tapi China dan Rusia khawatir bahwa sistem radar yang kuat dapat menembus wilayah mereka dan melemahkan keamanan mereka, mengganggu keseimbangan kekuatan di kawasan itu saat melakukan apa-apa untuk menurunkan ketegangan di semenanjung Korea.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan THAAD adalah ukuran murni defensif terhadap ancaman Korea Utara dan tidak menargetkan negara lain.

"Kedua belah pihak mengatakan mereka akan terus memperkuat oposisi yang terkoordinasi untuk THAAD,"  Kementerian Luar Negeri China mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya wakil menteri luar negeri kedua negara sepakat pada  Selasa (28/2).

China dan Rusia setuju pada  Januari untuk mengambil "penanggulangan" yang tidak ditentukan dalam menanggapi THAAD.

Kementerian pertahanan Korea Selatan membuat kesepakatan minggu ini dengan afiliasi dari konglomerat Lotte Group untuk mengakuisisi tanah di tenggara ibukota, Seoul, untuk penyebaran sistem rudal.

Kesepakatan itu memicu protes dari media pemerintah China, yang menyerukan pemboikotan dari mobil Korea Selatan dan telepon dan bagi orang untuk menghindari ekspor hiburan.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan mereka memperkirakan sistem rudal akan dikerahkan dan beroperasi tahun ini.

Korea Utara mengembangkan senjata nuklir berkendara dan rudal telah membuat marah China, satu-satunya pendukung diplomatik utama dan ekonomi Korut.

China telah mendorong untuk dimulainya kembali pembicaraan enam pihak yang melibatkan itu, Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, Rusia dan Amerika Serikat, pada ambisi nuklir Korea Utara sebagai cara untuk menyelesaikan perbedaan.

China juga telah menyerukan perlucutan senjata nuklir di semenanjung Korea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper