Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Luncurkan Edukasi Anti Korupsi Untuk Anak Melalui Permainan

KPK meluncurkan inovasi pencegahan narkoba melalui permainan edukatif khusus bagi anak
Korupsi/Ilustrasi
Korupsi/Ilustrasi

Bisnis.com,JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan inovasi dalam upaya pencegahan korupsi. Kali ini, strategi pencegahan dilakukan melalui permainan edukatif yang dikhususkan bagi anak dan diberi nama “Sembilan Nilai Permainan Anak Antikorupsi” atau SEMAI.

Untuk menyebarluaskan permainan ini, KPK menyerahkan seribu perangkat permainan SEMAI pada Rabu (8/7) di Surabaya, Jawa Timur. Penyerahan dilakukan oleh Ketua Sementara KPK Taufiequrachman Ruki kepada Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Dalam kesempatan itu, Ruki mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Surabaya yang sudah menjadi mitra KPK dalam beberapa program pencegahan korupsi. Sebelumnya, KPK dan Pemkot Surabaya telah mengadakan seminar dan pelatihan untuk fasilitator/agen “Saya Perempuan Anti Korupsi” (SPAK) pada April lalu.

“Kami berharap, program ini terus berkelanjutan. Para agen SPAK bisa menjadi mitra Pemerintah Kota Surabaya untuk membantu dalam sosialisasi pencegahan korupsi untuk membangun Indonesia yang lebih baik yang bersih, bebas dari korupsi,” kata Ruki. S

Seperti namanya, permainan ini berisikan 9 nilai antikorupsi, antara lain kejujuran, kepedulian, kemandirian, keadilan, tanggung jawab, kerja sama, sederhana, keberanian dan kedisiplinan. Dengan permainan yang menyenangkan, anak-anak diharapkan akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarater mulia dan berintegritas.

“Nilai-nilai ini jika diajarkan kepada anak sejak dini, kami yakini akan membawa manfaat hingga mereka tumbuh besar dan ketika mereka menjadi pejabat publik atau menjalankan profesi lainnya,” katanya. Permainan SEMAI, merupakan salah satu dari empat alat bantu yang digunakan dalam program “Saya, Perempuan Anti Korupsi” (SPAK), khususnya untuk segmen anak.

SEMAI diluncurkan pertama kali, bersamaan dengan peringatan setahun program SPAK pada 21 April 2015 di Jakarta. Permainan ini bisa dimainkan berdua atau berkelompok. Terdiri dari papan permainan, kartu putih berisi situasi, dan kartu merah berisi pertanyaan untuk hukuman. Pada papan permainan, terdiri dari dua bagian. Masing-masing bagian terdiri dari 9 kotak bergambar yang bertuliskan nilai-nilai antikorupsi tersebut.

Cara bermainnya, kedua pihak yang menjadi peserta didampingi oleh fasilitator yang bertugas memberikan pertanyaan dan menentukan benar-salahnya jawaban peserta. Setelah fasilitator menentukan siapa peserta yang memulai terlebih dahulu, maka ia harus mengambil satu kartu putih, lalu membacakan dengan saksama situasi yang dideskripsikan dalam kartu tersebut.

Kemudian, ia harus menentukan situasi tersebut, masuk ke dalam kelompok nilai antikorupsi yang mana; kejujuran, kepedulian; kemandirian dan seterusnya, lalu meletakkan kartu tersebut ke nilai antikorupsi di atas papan.

Sementara itu, pemain lawan harus memberikan penilaian disertai alasan, apakah jawaban tersebut benar atau salah. Fasilitator akan memimpin diskusi tersebut dan memberikan keputusan. Bila jawaban tersebut salah, peserta tersebut harus mengambil kartu merah dan menjawab pertanyaan atau melaksanakan perintah yang tertera di dalamnya. Begitu seterusnya bergiliran. Peserta atau kelompok yang menang, adalah mereka yang paling banyak menempatkan kartu putih dan paling sedikit mengambil kartu merah. Dengan permainan yang berbasis pembiasaan pada situasi antikorupsi, KPK berharap nilai-nilai tersebut bisa dengan mudah dicerna, dipahami dan ditiru. Sehingga internalisasi nilai, dilakukan secara alamiah dan menyenangkan. “Mungkin manfaatnya tidak segera dirasakan, tetapi KPK yakin permainan ini akan memberikan pengaruh positif pada pribadi anak-anak di masa depan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper