Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hosting Fee MotoGP Mandalika 2024 Belum Dibayar, Menpora Buka Suara

Menpor Dito Ariotedjo buka suara soal hosting fee MotoGP Mandalika yang belum dibayar sampai saat ini.
Menpora Dito Ariotedjo di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (15/8/2024). JIBI/Akbar Evandio
Menpora Dito Ariotedjo di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (15/8/2024). JIBI/Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan hosting fee atau biaya komitmen MotoGP Mandalika 2024 pasti akan dibayar.

“Terkait hal itu sebenarnya tadinya hosting fee dari Mandalika itu ingin dijadikan suatu momentum awal menggunakan dana tourism fund,” ujar Dito saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Meski demikian, Dito mengatakan proses tersebut masih dalam tahap harmonisasi.

Alhasil pembayaran hosting fee nampaknya kembali lagi menggunakan dana Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BABUN) atau Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) di Kementerian.

“Kemarin baru saja rapat antara kementerian BUMN, InJourney, Kemenpora, dan Kemenkeu, dan juga ada dari Kemenparekraf untuk terkait proses pembayaran fee ini. Yang pasti fee tersebut pasti dibayarkan,” tegasnya.

Sebagai informasi, hosting fee penyelenggaraan MotoGP 2024 mencapai Rp231 miliar. Pembayaran ini perlu dilakukan tuan rumah pelaksana MotoGP kepada Dorna Sports selaku pemegang hak komersial.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan pada 2024 ini mekanisme perjanjian kerja dengan pihak Dorna sports akan dikoordinasikan oleh InJourney Tourism Development Corporation (ITDC), yang merupakan bagian BUMN sebagai wakil pemerintah untuk menjadi penyelenggara MotoGP.

“Jadi tidak perlu khawatir, MotoGP akan berlangsung tanggal 27 [September],” kata Sandiaga kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Lebih jauh, Sandiaga mengaku bahwa sudah banyak persiapan yang dilakukan untuk menghelat MotoGP pada 27-29 September 2024.

“Sudah kami siapkan desa-desa wisata seputar kawasan Mandalika sampai ke Lombok Barat, sampai ke Lombok Utara maupun juga di Kota Mataram itu semua siap ekosistemnya,” tutur dia.

Kemudian, lanjutnya, harga-harga hotel memang agak naik, tetapi pihak Kemenparekraf sudah berkoordinasi untuk menyiapkan dan mengumumkan tarif batas akomodasi.

“Yang kedua SDM-SDM-nya telah kami latih, sehingga nanti pelayanan untuk MotoGP ini akan memberikan kepuasan dan kenangan yang terbaik untuk para penonton MotoGP,” tutup Sandiaga.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper