Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Cegah Kebakaran di Rumah yang Aman

Agar rumah aman dan terhindar dari kebakaran, ini hal yang harus Anda lakukan
Alat pemadam kebakaran/
Alat pemadam kebakaran/

Bisnis.com, JAKARTA - Pada Agustus 2024 lalu, terjadi kebakaran cukup besar di kawasan perumahan penduduk Manggarai.

Ratusan rumah hangus dalam kebakaran yang terjadi selama empat jam dini hari itu.

Ada beragam penyebab kebakaran di Indonesia. Mulai dari korsleting listrik, kompor meledak sering kali menjadi penyebab utama, terutama di kawasan permukiman padat penduduk.

Panji Baskoro, National Operation Support Division Head Nawakara, yang juga merupakan spesialis dalam produk Emergency Response Team (ERT) mengungkapkan bahwa kebakaran di kawasan permukiman merupakan ancaman kebakaran yang paling sering terjadi di Indonesia.

Oleh karenanya sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui pengetahuan dan keterampilan praktis agar masyarakat dapat melindungi diri dan orang-orang di sekitar mereka dari ancaman kebakaran.

“Salah satu contohnya adalah menyiapkan dua koper yang berisi masing-masing surat-surat berharga, dan pakaian. Koper ini disimpan di tempat yang mudah dijangkau namun tetap aman dan jauh dari potensi api dan mudah dibawa saat
bencana terjadi.

Dengan begitu, masyarakat dapat segera melakukan evakuasi dengan membawa barang-barang penting secara cepat dan efisien saat terjadi kebakaran,” ujarnya.

Berikut tips dan langkah pencegahan kebakaran yang dianjurkan oleh Nawakara

1. Perawatan Instalasi Listrik

Salah satu penyebab utama kebakaran di permukiman adalah korsleting listrik. Pastikan instalasi listrik di rumah diperiksa secara rutin oleh teknisi profesional.

Kabel yang sudah tua atau rusak harus diganti segera dan hindari penggunaan stop kontak yang berlebihan atau adaptor yang tidak sesuai standar.

2. Pasang Alat-alat Pencegah Kebakaran

Memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di setiap rumah dan tempat usaha bisa menjadi langkah awal yang penting untuk memadamkan api kecil sebelum api menyebar.

Menempatkan APAR di lokasi yang mudah dijangkau, seperti dapur atau dekat pintu keluar, dan memastikan semua anggota keluarga tahu cara menggunakannya dapat meningkatkan keselamatan.

Selain itu, alarm kebakaran juga berperan penting dalam mendeteksi asap dan api sejak dini. Pemasangan alarm di ruangan-ruangan tertentu, seperti dapur dan ruang keluarga, dapat mmemberikan peringatan yang diperlukan untuk melakukan
evakuasi dengan cepat.

3. Mengisi Daya Telepon Seluler dengan Aman

Pastikan telepon seluler diisi daya di tempat yang aman dan hindari meninggalkannya tanpa pengawasan, terutama saat tidur.

Pastikan handphone diletakkan di permukaan yang tidak mudah terbakar, seperti di atas tempat tidur, di atas baju atau dekat bahan mudah terbakar lainnya. Mengisi daya handphone di tempat yang tidak aman atau membiarkannya terlalu lama terhubung ke listrik
dapat meningkatkan risiko kebakaran.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper