Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Crazy Rich Dunia yang Jadi Pemilik Tim Olahraga Bernilai Miliaran Dolar

Berikut daftar 10 Crazy Rich dunia yang memiliki klub olahraga, mulai dari sepak bola, basket, hoki dan lainnya.
Ilustrasi. /Freepik
Ilustrasi. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Orang-orang ultra-kaya di dunia tak hentinya menunjukkan bahwa mereka tidak akan kekurangan tempat untuk menghabiskan uang mereka, mulai dari mengoleksi mobil mewah, membeli rumah peristirahatan untuk rumah peristirahatan mereka, dan membeli kapal pesiar yang semakin besar.

Namun, beberapa dari mereka juga memilih untuk masuk ke dalam kepemilikan waralaba olahraga, baik itu sepak bola, bola basket, hoki, atau bola kaki.

Melansir Business Insider, berikut ini beberapa pemilik waralaba olahraga besar yang kaya raya versi Bloomberg Billionaires Index:

1. Steve Ballmer

Ballmer, yang saat ini tercatat memiliki kekayaan sebesar US$147 miliar, membeli Los Angeles Clippers dari NBA pada 2014, tahun yang sama ketika dia meninggalkan Microsoft. Dia membayar US$2 miliar, memecahkan rekor penjualan tim bola basket profesional pada saat itu.

2. Rob Walton

Rob Walton, yang memiliki kekayaan US$84,6 miliar, adalah satu dari tiga anak pendiri Walmart dan Sam's Club, Sam Walton.

Bersama putrinya Carrie Walton Penner, suaminya dan Ketua Walmart Greg Penner, dan co-CEO Ariel Investments Mellody Hobson, mereka membayar US$4,65 miliar untuk waralaba sepak bola Denver Broncos pada 2022.

Penjualan tersebut memecahkan rekor penjualan tim olahraga profesional termahal di Amerika Utara pada saat itu, meskipun penjualan tersebut telah dipecahkan oleh penjualan Washington Commanders senilai US$6,1 miliar kepada grup yang dipimpin oleh miliarder ekuitas swasta Josh Harris.

3. Dan Gilbert

Gilbert, yang memiliki kekayaan US$29 miliar, memimpin grup termasuk Usher untuk membeli tim bola basket Cleveland Cavaliers pada 2005 seharga US$375 juta.

4. David Tepper

Tepper, pendiri hedge fund global Appaloosa Management, memiliki kekayaan bersih US$19,8 miliar. Dia membeli Carolina Panthers pada tahun 2018 sseharga US$2,27 miliar yang merupakan rekor NFL pada saat itu.

Dia sebelumnya memiliki sekitar 5% kepemilikan saham di Pittsburgh Steelers.

Tepper juga memiliki waralaba Major League Soccer Charlotte FC, yang menurut laporan ia membayar biaya ekspansi sekitar US$325 juta.

5. Steve Cohen

Manajer hedge fund Steve Cohen, dengan kekayaan US$13,9 miliar, membeli tim bisbol New York Mets pada 2020 dengan harga rekor US$2,4 miliar.

Dia pertama kali membeli 8% saham kemitraan terbatas di tim seharga US$40 juta pada 2012.

6. Stanley Kroenke

Kroenke, yang kekayaannya sebesar US$19,6 miliar berasal dari real estat dan olahraga, memiliki beberapa tim olahraga AS, termasuk Los Angeles Rams, tim NFL, dan Denver Nuggets, tim NBA. Dia juga memiliki tim hoki Colorado Avalanche dan klub sepak bola Colorado Rapids.

Dia juga memiliki klub sepak bola Inggris Arsenal FC dan Arsenal Women's FC.

7. Philip Anschutz

Anschutz, yang memiliki kekayaan US$19 miliar, adalah pendiri Anschutz Entertainment Group, yang memiliki tim hoki Los Angeles Kings dan klub sepak bola LA Galaxy.

8. Henry Samueli

Samueli, pendiri perusahaan semikonduktor Broadcom memiliki kekayaan US$15,1 miliar. Dia membeli franchise Anaheim Ducks NHL dari Walt Disney Company pada tahun 2005 bersama istrinya, Susan. Namun, harga pembelian dan ketentuan kesepakatan tidak dipublikasikan.

9. Jerry Jones

Jones, yang memiliki kekayaan US$13,1 miliar, membeli Dallas Cowboys pada 1989 seharga US$140 juta. Investasinya telah membuahkan hasil, menjadi tim bola kaki diyakini sebagai yang paling berharga di dunia, bernilai sekitar US$9 miliar.

10. Robert Kraft

Kraft, yang memiliki kekayaan US$8,17 miliar, membeli tim sepak bola New England Patriots pada 1994 seharga US$172 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper