Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AHY Langsung Blusukan Bagikan Sertifikat Tanah Usai Dilantik Jadi Menteri ATR

Kemarin, AHY melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Provinsi Sulawesi Utara sehari setelah dilantik oleh Presiden Jokowi pada Rabu lalu.
AHY Langsung Blusukan Bagikan Sertifikat Tanah Usai Dilantik Jadi Menteri ATR / Akun X @AgusYudhoyono
AHY Langsung Blusukan Bagikan Sertifikat Tanah Usai Dilantik Jadi Menteri ATR / Akun X @AgusYudhoyono

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Provinsi Sulawesi Utara sehari setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu lalu. Dia menggantikan Hadi Tjahjanto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Melansir atrbpn.go.id, pada hari pertama menjabat sebagai Menteri ATR/BPN, AHY melakukan perjalanan dinas ke  Kota Manado pada Kamis (22/2/2024) untuk menyerahkan sertifikat tanah sekaligus mendengarkan aspirasi masyarakat Kota Manado terkait masalah persoalan tanah yang ada.

Baginya, melihat langsung kondisi yang ada di lapangan merupakan cara paling efektif untuk mempercepat pemerintah dalam menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat agar segera ditangani.

“Ini menjadi perjalanan dinas pertama saya sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, kami terbiasa bekerja di lapangan untuk menyapa langsung masyarakat. Saya rasa itu yang paling efektif karena mendengarkan keluhan, harapan, atau aspirasi masyarakat itu bukan hanya menginspirasi ataupun menggerakan kita, tetapi mempercepat kalau ada yang bisa ditangani,” katanya pada Kamis (22/2/2024).

Dalam kunjungan kerja ini terdapat 105 sertifikat tanah yang diserahkan AHY ke warga di Kelurahan Malalayang Dua, Kota Manado yang merupakan hasil program Redistribusi Tanah serta Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Dia juga menyerahkan secara langsung tiga sertifikat kepada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, petani, dan tukang kayu.

Ditemani oleh para stafnya, AHY juga menyerahkan sertifikat untuk rumah ibadah di Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM) Tingkulu. Sertifikat yang diserahkan merupakan sertifikat tanah yang diperuntukan bagi GMIM Anugerah Tingkulu dengan jumlah jemaat sebanyak 860 orang dan GMIM Yosua Paal IV dengan jumlah jemaat sebanyak 123 orang.

Dalam kunjungan kerja ini, AHY memastikan agar proses sertifikasi tanah di daerah berjalan dengan baik. Selain itu, AHY terus menekankan bahwa kunjungan langsung ke lapangan merupakan langkahnya untuk mendengarkan suara masyarakat.

“Saya menyerahkan tanah langsung kepada masyarakat. Di sini saya sambil terus belanja masalah, apa lagi kira-kira yang bisa kita lakukan dari pusat dan tentunya turunnya ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota” Ujarnya.

Momen perjalanan dinas  pertamanya juga dibagikan Menteri ATR/BPN tersebut pada akun media sosial X nya. Dia berharap agar dengan kunjungan kerja ini  sejumlah masalah terkait persoalan tanah di Kota Manado dapat diselesaikan, serta mampu mendengarkan harapan-harapan masyarakat sekitar.

“Dari rapat terbatas, lanjut terbang ke Sulawesi Utara, sebelum berkegiatan di Bendungan Lolak, menjalankan program pembagian sertifikat tanah di GMIM Jemaat Yosua Kel. Pal Empat dan GMIM Jemaat Anugerah Kel. Tingkulu, Kota Manado. Sekaligus mendengarkan harapan-harapan masyarakat sekitar terkait persoalan tanah disini. Tetap semangat semuanya!” tulisnya pada akun @AgusYudhoyono.

(Maria Hermina Kristin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper