Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkembangan Terbaru Rencana Proyek Rempang Eco City

BP Batam mengklaim bahwa proyek Rempang Eco-City akan membawa dampak positif bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Pulau Rempang.
Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol Ariastuty Sirait./Istimewa
Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol Ariastuty Sirait./Istimewa

Bisnis.com, BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam mengklaim bahwa proyek Rempang Eco-City akan membawa dampak positif bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Pulau Rempang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol Ariastuty Sirait saat memberikan keterangan mengenai perkembangan relokasi warga Pulau Rempang.

"Pertumbuhan realisasi investasi akan diimbangi dengan keterlibatan UMKM, dimana kemitraan strategis antara perusahaan besar dengan UMKM akan terus dikembangkan. Sehingga investasi yang masuk ke daerah akan memberikan dampak positif," katanya di Batam, Kamis (21/9/2023).

Lebih lanjut lagi, Tuty menjelaskan bahwa Batam saat ini bersaing dengan negara tetangga untuk merayu lebih banyak lagi investasi asing, khususnya investasi pabrik kaca milik Xinyi di Rempang.

"Investasi ini sangat besar. Kita sedang berkompetisi untuk mendapatkan Investasi Rp 175 triliun untuk Xinyi dan Rp 381 triliun untuk PT Makmur Elok Graha (MEG), pengembang Rempang. Sedangkan rata-rata total investasi di Batam saja per tahun adalah sebesar Rp 13,63 triliun," ucapnya.

Kehadiran Xinyi di Rempang dapat menarik investasi lainnya, sehingga tercipta ekosistem usaha yang berdampak bagi Kawasan (multiplier effect).

"Pengembangan yang dilakukan akan terus mengedepankan kearifan lokal. Sehingga bukan hanya daerahnya yang akan maju, melainkan masyarakat akan terangkat pula. Kita tentu tidak berharap sebaliknya, bahwa Tidak terciptanya ekosistem investasi di Kawasan yang berpotensi, menyebabkan stagnasi ekonomi wilayah tersebut," ucapnya lagi.

Tuty pun berpesan bahwa investasi ini telah menjadi perhatian khalayak luas. "sejumlah penolakan yang terjadi, dapat membuat citra Batam menjadi buruk dalam dunia investasi dan menurunkan tingkat kepercayaan investor terhadap Batam dan nama Indonesia secara lebih luas," tuturnya.

Investasi pabrik kaca ini juga diyakini akan membuka luas lapangan kerja. "Kemudian, yang tak kalah penting adalah terbukanya lapangan kerja seluas-luasnya untuk masyarakat Rempang. Dengan adanya bonus demografi hingga 2040, maka pemerintah wajib menyediakan lapangan kerja seluasnya bagi generasi usia kerja yang berjumlah 70 persen dari populasi," ujarnya.

Investasi ini juga memberikan kesempatan anak penduduk tempatan, memperoleh haknya untuk mendapapatkan Pendidikan yang terpadu dan sukses di daerah sendiri.

"Bila investasi ini hilang, maka belum tentu ada kesempatan yang sama bagi anak muda Rempang untuk mendapat pendidikan vokasi industri, kemudahan beasiswa hingga menjadi tenaga kerja yang berkompetensi, sehingga bisa meraih kesempatan berkarier di daerah mereka sendiri. Mereka tak perlu pergi keluar wilayah untuk mencari pekerjaan," ungkapnya.

Dari sisi Infrastruktur, Rempang akan tertata rapi dan menjadi wilayah yang maju. Pemerataan pembangunan di Rempang mengalami akselerasi, serta peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan warga.

Pembangunan dermaga akan memudahkan masyarakat nelayan untuk berlayar dan beraktivitas maritim. Taraf Kehidupan sosial di Rempang akan bertumbuh dan merata. 

"Kawasan Parisawata juga akan dikembangkan lebih optimal, sehingga wilayah ini tidak akan mengalami ketertinggalan. Maju namun tidak meninggalkan kearifan lokal yang telah ada," paparnya.

Terakhir, dengan program dari pemerintah ini, akan tercipta legalitas atas hunian penduduk di Kawasan Rempang dan Galang. Penataan pemukiman penduduk tempatan akan terinteregasi dengan fasilitas dan infrastruktur yang baik.

"PSN Rempang Eco-City ini memberikan kepastian atas legalitas hunian penduduk, sebagaimana yang diharapkan selama ini. Bapak Menteri ATR bahkan sudah sampaikan bahwa ATR/BPN akan mengawal ini, sehingga masyarakat akan mendapat legalitas di hunian yang kami siapkan," pungkasnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper