Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendiri Adobe John Warnock Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Salah stu pendiri Adobe John Warnock meninggal dunia pada hari Sabtu (19/8/2023).
John Warnock, co-founder Adobe Inc,./Bloomberg
John Warnock, co-founder Adobe Inc,./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu pendiri Adobe Inc, John Warnock, meninggal dunia pada hari Sabtu (19/8/2023) di usia 82 tahun. Penyebab meninggalnya belum diungkapkan.

Melansir Bloomberg, Senin (21/8/2023) Warnock mendirikan perusahaan teknologi yang berbasis di San Jose ini pada tahun 1982 bersama Charles Geschke dan menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) hingga tahun 2000 dan sebagai Chief Technical Officer hingga pensiun pada tahun 2001.

Ia juga menjabat sebagai ketua dewan direksi selama hampir tiga dekade hingga tahun 2017 dan berbagi posisi tersebut dengan Geschke selama sebagian besar waktu tersebut. Warnock tetap menjadi anggota dewan direksi perusahaan hingga akhir hayatnya. Geschke meninggal dunia pada tahun 2021 pada usia 81 tahun.

Warnock dan Gerschke pertama kali bertemu sebagai kolega di Xerox Holdings Corp. Produk pertama mereka adalah PostScript, yang membantu memicu revolusi penerbitan desktop.

CEO Adobe Shantanu Narayen mengatakan interaksi dirinya dengan Warnock selama 25 tahun terakhir menjadi hal utama dalam karier profesionalnya.

"Meskipun dia adalah panutan dan mentor saya, saya sangat bersyukur bisa menganggapnya sebagai teman,” ungkap Narayen seperti dikutip Bloomberg.

Sebelum mendirikan Adobe, Warnock adalah seorang ilmuwan utama di Xerox Palo Alto Research Center dan pernah menduduki jabatan di Evans & Sutherland Computer, Computer Sciences Corp, IBM, dan University of Utah, menurut biografi perusahaan.

Warnock meraih gelar doktor di bidang teknik elektro, master di bidang matematika, dan sarjana di bidang matematika dan filsafat, semuanya dari University of Utah.

Warnock meninggalkan seorang istri, Marva, dan tiga orang anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper