Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aturan Baru Visa Australia: WNA "Berprestasi" Gampang Dapat Permanent Resident

Masyarakat internasional makin mudah jadi jadi permanent resident di Australia gegara ini.
Australia/pegipegi
Australia/pegipegi

Bisnis.com, SOLO -  Pemerintah Australia mengubah beberapa aturan tentang imigrasi di negara tersebut, yang akan dimulai pada Juli 2023.

Kebijakan tersebut telah disampaikan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Australia, Clare O'Neil, belum lama ini. Melalui aturan ini, pelajar dan pekerja terampil akan semakin mudah mengajukan visa Permanen Residency di negara tersebut.

Dilansir dari Homeaffairs.gov.au, dalam upaya untuk meringankan kekurangan tenaga kerja Australia saat ini, pemerintah federal telah menghapus pembatasan kerja visa pelajar.

Penghapusan pembatasan ini memungkinkan mereka untuk bekerja selama 40 jam per dua minggu seperti biasa. Pembatasan ini akan diberlakukan kembali mulai 1 Juli 2023 dan dibatasi dengan peningkatan tarif 48 jam per dua minggu.

Perpanjangan visa untuk pelajar

Mulai 1 Juli 2023, beberapa pemegang visa Lulusan Sementara subkelas 485 akan diizinkan tinggal di Australia untuk jangka waktu yang lebih lama. Perubahan tersebut akan mengakibatkan masa tinggal selama:

  • empat tahun untuk lulusan sarjana, naik dari dua tahun sebelumnya
  • lima tahun untuk lulusan magister, naik dari tiga tahun sebelumnya
  • enam tahun untuk lulusan doktor, naik dari empat tahun sebelumnya.
  • Perpanjangan satu atau dua tahun untuk siswa yang memenuhi syarat yang tinggal, bekerja dan belajar di daerah tidak akan berubah.

Kerennya, pemerintah Australia juga mengumumkan perubahan pada visa subkelas 482 Temporary skill shortage (TSS) yang akan memungkinkan orang untuk mengajukan izin tinggal permanen di negara tersebut.

Pemerintah juga melakukan penghapusan batasan usia pada pemegang visa 457, dan memperluas kelayakan untuk visa pembuat liburan kerja subkelas 462.

Selain hal tersebut, berikut adalah lima perubahan Visa Australia yang perlu kamu tahu:

1. Tes poin untuk visa migran berketerampilan umum yaitu sublass 189/190 dan 491 akan diubah.

2. Siswa internasional dengan keterampilan khusus dan bakat tinggi akan diperbolehkan mengajukan izin tinggal permanen tetapi persyaratan untuk visa pelajar akan diperketat.

3. Pada akhir tahun 2023 semua pekerja sementara yang memiliki keterampilan akan dipermudah mengajukan izin tinggal permanen.

4. Akan ada klasifikasi CISA yang lebih sederhana dan jalur migrasi sementara akan direstrukturisasi menjadi 3 jalur.

5. Ambang pendapatan minimum untuk pekerja terampil dengan visa sponsor dan merupakan subkelas 482/186 dan 494 akan ditingkatkan menjadi 70.000 dollar per tahun.

6. Pengujian pasar tenaga kerja atau Labour Market Testing (LMT) akan diganti dengan mekanisme baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper