Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Cara Cek Plat Nomor Kendaraan dari HP, Mudah dan Cepat

Cek plat nomor kendaraan diperlukan untuk beberapa alasan, seperti cek legalitas atau melacak kriminalitas. Berikut cara cek plat nomor kendaraan online.
Cek plat nomor/Bisnis - Rizky Nurawan
Cek plat nomor/Bisnis - Rizky Nurawan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk cek plat nomor melalui HP ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari mengecek lewat SMS, website dan menggunakan aplikasi e-Samsat. Cara tersebut berlaku untuk semua kendaraan bermotor, baik mobil atau motor

Salah satu tujuan dari mengecek plat nomor bagi pemilik kendaraan bermotor adalah untuk mengetahui informasi pajak sehingga tidak lupa untuk melakukan pembayaran. Akan tetapi jika kamu mengecek plat nomor melalui website informasi yang diberikan akan lebih lengkap, mulai dari merek, model, tahun, warna, nomor rangka dan nomor mesin kendaraan. 

Beberapa Cara Cek Plat Nomor dengan HP

1. Cara Cek Plat Nomor Jakarta melalui SMS

Cara ini bisa dilakukan di semua jenis HP. Kamu hanya perlu mengirim SMS dengan menggunakan format seperti METRO (spasi) plat nomor polisi kendaraan yang akan di cek. Jika sudah sesuai dengan format, kamu bisa langsung mengirimkan ke nomor 1717. Jika sudah, jangan lupa untuk mengecek penggunaan huruf kapital  pada saat mengirimkan SMS, khususnya untuk tulisan METRO yang harus menggunakan huruf kapital semua dan plat nomor kendaraan motor atau mobil

2. Cek Plat Nomor Jakarta Online

Kamu bisa mengunjungi situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id untuk mengetahui data-data kendaraan. Jika sudah masuk ke dalam website tersebut, kamu bisa langsung masukkan nomor plat kendaraan yang ingin kamu cari tahu informasinya. Pada kolom website berikutnya, biasanya akan diminta untuk memasukkan NIK. 

Jika tidak bisa memasukkan NIK, kamu bisa langsung mengosongkan kolom tersebut. Jika sudah selesai, centang pada bagian kotak kosong yang ada di sebelah tulisan “I’m not a robot” untuk melakukan verifikasi secara otomatis. Jika sudah melakukan verifikasi, kamu bisa langsung klik proses dan menunggu hingga selesai. 

3. Cara Cek Plat Nomor melalui Aplikasi HP

Saat ini kamu sudah bisa mengunduh aplikasi yang bernama Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta untuk mendapatkan informasi kendaraan sesuai dengan plat nomornya. Aplikasi ini memiliki tampilan yang kurang lebih sama dengan website Samsat DKI. Kamu hanya perlu memasukkan nomor kendaraan yang ingin kamu dapatkan informasinya. Setelah kamu proses, semua informasi akan ditampilkan dengan jelas. 

Namun, sebelum kamu menggunakan aplikasi ini, kamu diwajibkan untuk registrasi akun terlebih dahulu. Kamu hanya perlu meregistrasi menggunakan alamat email dan password. Jika sudah melakukan registrasi, kamu tinggal memilih menu PKB, lalu isi plat nomor kendaraan bermotor yang ingin kamu dapatkan informasinya. 

Itulah beberapa cara cek plat nomor yang bisa kamu lakukan secara online. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper