Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mirip Kapal Minyak Pertamina, Ini Spesifikasi Tanker Singapura yang Sempat Dibajak di Lepas Pantai Abidjan

Berikut adalah spesifikasi Success 9, tanker minyak Singapura yang sempat dibajak lepas pantai internasional dekat Pantai Gading.
Success 9 milik Singapura. Thierry Gouegnon/Reuters
Success 9 milik Singapura. Thierry Gouegnon/Reuters

Bisnis.com, SOLO - Berikut adalah spesifikasi Success 9, tanker minyak Singapura yang sempat dibajak oleh perompak di perairan internasional. Ternyata hampir mirip MT Kristin milik Pertamina.

Dunia internasional heboh setelah sebuah kapal tanker minyak yang terdaftar atas nama Singapura ditumpangi oleh orang tak dikenal di lepas Pantai Gading pada tanggal 15 April 2023 lalu.

Sebelumnya, pada tanggal 10 April, kapal tanker ini tidak bisa dihubungi.

Dari 20 awak kapal di Success 9, hanya ada satu WN Singapura, sementara kewarganegaraan kru lainnya tidak diketahui. Kapal itu berlayar sekitar 300 mil laut (556 km) di lepas pantai Abidjan.

Meski demikian, Bloomberg melaporkan jika tanker Success 9 sudah ditemukan. Menurut pernyataan dari pemerintah Singapura, diketahui bahwa kapal Success 9 tersebut ditemukan di lepas pantai Abidjan, Pantai Gading, pada Sabtu (15/4/2023) dan awak kapal dilaporkan selamat. 

Menurut data pelacakan kapal Refinitiv, kapal tanker itu telah beroperasi di zona Afrika Barat selama 60 hari terakhir.

Sumber keamanan Pantai Gading yang terlibat dalam masalah tersebut mengatakan sebuah kapal patroli telah dikirim untuk menyelamatkan kapal tanker milik Singapura itu, tetapi tidak dapat menemukannya karena lampu suarnya telah dimatikan.

"Kami pikir itu tindakan pembajakan karena modus operandinya sama," kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu kepada Reuters.

"Kami telah mencari bantuan eksternal dari Spanyol dan dari Eropa," tambah sumber itu.

Bicara soal tanker minyak, Pertamina juga punya kapal yang sempat viral belum lama ini. Ialah MT Kristin yang pada 23 Maret 2023 lalu terbakar di perairan Lombok.

PJs Relation, Communication and CSR Pertamina Patra Niaga Jatim Balinus Taufik Kurniawan menjelaskan kapal MT Kristin membawa 5.900 kiloliter pertalite yang rencananya akan diturunkan di terminal BBM Ampenan dan terminal BBM Pesanggaran. 

Seperti apa spesifikasi Success 9 dan bagaimana jika dibandingkan dengan kapal MT Kristin milik Pertamina?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper