Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Raih Komitmen Investasi Rp30 Triliun Pasca-Jadi Partner Country Hannover Messe 2023

Indonesia meraih komitmen sekitar Rp30 triliun untuk berinvestasi di Indonesia pasca-jadi partner Country Hannover Messe 2023.
Presiden Joko Widodo bertemu dengan tiga pemimpin perusahaan Eropa di Hotel Kastens Luisenhoff, Hannover, Jerman, Minggu (16/04/2023)/Foto: BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo bertemu dengan tiga pemimpin perusahaan Eropa di Hotel Kastens Luisenhoff, Hannover, Jerman, Minggu (16/04/2023)/Foto: BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyebut Pemerintah Indonesia meriah komitmen investasi sebesar Rp30 triliun pasca-menjadi partner country penyelenggaraan kegiatan Hannover Messe 2023.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Usman Kansong menyatakan pameran industri terbesar di Eropa itu berpeluang besar menarik investor ke Indonesia.

"Indonesia mengikuti Hannover Messe atau menjadi partner country untuk menarik investasi, menarik investor ke Indonesia. Kita berharap akan makin banyak investasi dari negara-negara lain, dari Jerman dan negara-negara Eropa khususnya,” tegasnya melalui rilisnya, Senin (17/4/2023).

Menurut dia, banyak pihak yang berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia, meskipun Hannover Messe 2023 belum dibuka.

"Sudah terjadi komitmen sekitar Rp30 triliun untuk berinvestasi di Indonesia dan insya Allah jumlahnya akan terus bertambah," imbuhnya.

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2023 menampilkan nuansa Kapal Pinisi. Menurut Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Kapal Pinisi menggambarkan perjalanan Indonesia menuju kemajuan melalui investasi dan pengembangan teknologi.

“Indonesia yang hadir dengan mengusung tema Infinite Journey memamerkan berbagai inovasi teknologi di paviliun Indonesia, diantaranya yang berasal dari pemerintah, institusi pendidikan, dan sejumlah perusahaan di Indonesia,” tuturnya.

Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian Eko Cahyanto menyatakan keikutsertaan dalam Hannover Messe 2023 merupakan bagian dari upaya mewujudkan Indonesia sebagai 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada 2030 dan Indonesia Emas 2045.

Eko Cahyanto juga berharap Hannover Messe 2023 dapat menarik lebih banyak investasi masuk ke Indonesia.

“Paviliun Indonesia dibuat dengan megah untuk menarik perhatian peserta dan pengunjung pameran. Kita menampilkan cukup masif, kalau mungkin bisa dibandingkan dengan paviliun lain kita mendominasi di sini, dan itu menjadi daya tarik juga," katanya.

Tahun ini merupakan kali ketiga Indonesia menjadi partner country pada Hannover Messe. Sebelummnya Indonesia juga menjadi partner country pada 1995 dan 2021.

Dalam Paviliun Indonesia, selain Opening Ceremony Indonesia Pavilion, juga ada Business Summit, Indonesia Night, dan enam sesi diskusi dengan tema berkaitan dengan investasi, industri dan teknologi informasi. Acara pembukaan paviliun Indonesia pada 17 April 2023 dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper