Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-siap! BMKG Prediksi Banjir Rob Berpotensi di Lima Pulau NTT

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan peristiwa banjir pesisir (rob) berpotensi melanda wilayah pesisir lima pulau di NTT.
Ilustrasi-Banjir rob /Dok. Tim SAR Mataram
Ilustrasi-Banjir rob /Dok. Tim SAR Mataram

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan peristiwa banjir pesisir (rob) berpotensi melanda wilayah pesisir lima pulau di Nusa Tenggara Timur (NTT) selama beberapa hari ke depan.

"Peristiwa rob berpeluang melanda wilayah pesisir Pulau Flores, Pulau Alor, Pulau Sabu, Pulau Raijua, dan Pulau Sumba, akibat adanya fenomena super new moon," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang BMKG Syaeful Hadi di Kupang, Senin.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini banjir pesisir (rob) di wilayah NTT yang berlaku selama 14-15 Februari.

Syaeful menjelaskan fenomena rob berpeluang terjadi akibat adanya fenomena super new moon yaitu fase bulan baru dengan perigee bersamaan pada 20 Februari, sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan dari pada biasanya.

Hasil pemantauan data prediksi, kata dia, menunjukkan pasang surut, tinggi gelombang, kecepatan angin, dan curah hujan dapat mempengaruhi dinamika pesisir di NTT berupa potensi rob.

Syaeful mengimbau warga di daerah berpotensi terdampak agar meningkatkan kewaspadaan dini terhadap banjir rob yang menimbulkan berbagai dampak seperti terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Selain itu, peristiwa rob juga dapat menyebabkan terganggunya aktivitas petani garam dan budi daya perikanan, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Ia menyarankan warga di pesisir untuk lebih siap mengevakuasi diri maupun barang berharga ke tempat yang lebih aman ketika terjadi rob.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper