Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Kampus PTKIN Terbaik 2023 Versi Webometrics

Kampus PTKIN terbaik peringkat pertama ditempati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung).
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/facebook
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/facebook

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut 10 kampus Perguruan Tinggi Negeri Keagaam Islam Negeri (PTKIN) terbaik di Indonesia versi Webometrics.

Peringkat pertama ditempati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung).

Menyusul Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Syahid Jakarta) di peringkat kedua, dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya diperingkat kampus terbaik di Indonesia.

Adapun penilaian webometrics berdasarkan palamat domain dari suatu perguruan tinggi (URL Domain) yang melekat unik pada masing-masing perguruan tinggi yang tersebar di seluruh dunia.

Daftar Kampus PTKIN Terbaik 2023 Versi Webometrics

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung)

Peringkat pertama Perguruan Tinggi Negeri Keagaam Islam Negeri (PTKIN) versi Webometrics adalah Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung). Kampus yang beralamat di di Jalan A.H. Nasution no. 105, Cibiru, Bandung ini ranking ke-3.329 dunia kampus terbaik versi Webometrics.

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Syahid Jakarta)

Adapun UIN Syahid Jakarta adalah kampus PTKIN terbaik peringkat ke-2 di Indonesia versi  Webometrics. Kampus yang beralamat di Ciputat, Tangerang Selatan berapa pada peringkat ke-4.317 dunia.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Peringkat ketiga kampus PTKIN terbaik adalah UIN Sunan Ampel Surabaya dan menduduki ranking ke-4.062 dunia versi Webometrics. Kampus ini beralamat di Surabaya, Jawa Timur.

4. IAIN Palangka Raya

Kampus yang beralamat di Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah ini menempati peringkat keempat kampus PTKIN terbaik di Indonesia. Adapun IAIN Palangkaraya berada pada ranking ke-5.035 dunia versi Webometrics Januari 2023.

5. UIN Ar-Raniry Aceh

Selain itu, UIN Ar-Raniry Aceh masuk dalam deretan 10 kampus PTKIN terbaik di Indonesia. Kampus yang beralamat di Lorong Ibnu Sina No.2, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh ini menduduki ranking ke-5.351 dunia.

6. IAIN Ponorogo

Sedangkan IAIN Ponorogo yang masuk dalam index Webometrics Januari 2023 menduduki ranking ke-5.360 kampus terbaik di dunia. Lokasi Kampus 1 IAIN Ponorogo di Jl. Pramuka No.156, Ronowijayan, Kec. Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

7.  UIN Alauddin Makassar

UIN Alauddin Makassar menempati peringkat kampus PTKIN terbaik ketujuh dengan ranking ke-5.370 dunia. Alamat kampus ini berada di Jl. Sultan Alauddin No.63, Romangpolong, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

8. UIN Walisongo

Peringkat selanjutnya ditempati UIN Walisongo dengan ranking dunia ke-5.432  versi Webometrics. Alamat kampus ini berada di Jl. Walisongo No.3-5, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

9. Institut IAIN Kendari

Kampus yang beralamat di Jl. Sultan Qaimuddin No.17, Baruga, Kec. Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara ini menempati peringkat PTKIN terbaik ketujuh, dan ranking ke- 5.548 dunia versi Webometrics.

10. UIN Raden Intan Lampung

Peringkat kesepuluh kampus PTKIN terbaik di Indonesia adalah UIN Raden Intan Lampung  dengan ranking dunia ke-5.695. Alamat kampus ini berada di Jl. Endro Suratmin, Sukarame, Kec. Sukarame, Kota Bandar Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper