Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pesan Wapres Ma'ruf ke 3 Pj Gubernur DOB Papua

Wakil Presiden RI Maruf Amin menyampaikan sejumlah pesan bagi ketiga penjabat (Pj) Gubernur Daerah Otonom Baru (DOB) Papua. 
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin bertemu Pimpinan Dubai Holding Syekh Ahmed bin Saeed Al Maktoum di Kantor Dubai Holding Lt. 9, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA), Kamis (03/11/2022)./Dok. Wapres RI
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin bertemu Pimpinan Dubai Holding Syekh Ahmed bin Saeed Al Maktoum di Kantor Dubai Holding Lt. 9, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA), Kamis (03/11/2022)./Dok. Wapres RI

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyampaikan sejumlah pesan bagi ketiga penjabat (Pj) Gubernur Daerah Otonom Baru (DOB) Papua

Hal tersebut disampaikan oleh Ma'ruf ketika dirinya tengah menerima kunjungan tiga Pj Gubernur DOB Papua pada Senin (14/11/2022). 

Mewakili Ma'ruf, Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, pesan pertama yang disampaikan oleh wapres ialah terkait kehadiran tiga Pj Gubernur DOB Papua sebagai perantara antar pemerintah pusat dan daerah. 

Ketiganya diharapkan dapat membuat masyarakat Papua merasakan kehadiran negara dalam setiap aspek kehidupan mereka. 

"Wapres berharap dengan ada pemekaran dan pimpinan baru agar supaya kehadiran negara di mata rakyat Papua itu semakin dekat. Makin bisa melayani," terang Masduki. 

Masduki menuturkan, ketiganya diharapkan dapat menjadi game changer bagi Papua. Mereka diharapkan dapat menciptakan berbagai terobosan baru bagi pembangunan Papua. 

Selanjutnya, berkaca pada terbatasnya waktu kepemimpinan yang dimiliki oleh ketiga Pj Gubernur baru Papua ini, Ma'ruf meminta ketiganya untuk segera merumuskan peta jalan terkait pembangunan Papua.

Hal ini dimaksudkan agar hasil dari kepemimpinan tiga Pj Gubernur tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Papua meskipun hanya dengan masa jabatan yang terbilang cukup singkat. 

"Wapres berharap ada semacam ketegasan dan rumusan yang baik mengenai peta jalan, jadi apa saja yang akan dibangun dan dirancang. Maka ada satu hal konkrit yang bisa dirasakan oleh masyarakat Papua," jelas Masduki. 

Ketiga, Masduki menerangkan, wapres berharap agar para Pj Gubernur dapat melakukan konsolidasi dengan para bupati di tanah Papua. Menurut Ma'ruf, konsolidasi antar kedua belah pihak tersebut ini menjadi hal penting dalam upaya percepatan pembangunan di wilayah tersebut. 

"Lalu, wapres juga mengingatkan bahwa di sampang pekerjaan Pj Gubernur ini, ada kelembagaan BPP yang siap melakukan asistensi terhadap proses perencanaan yang dilakukan tiga gubernur ini," kata Masduki. 

Terakhir, Ma'ruf mengarahkan agar para Pj Gubernur untuk dapat terus membangun dan menjaga komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat di Papua. Menurutnya, kondisi Papua yang cukup kompleks itu akan membuat jalinan komunikasi dalam penyamaan pemikiran menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. 

"Agar ada penyamaan persepsi mengenai pembangunan kesejahteraan Papua. Jadi komunikasi intensif dari seorang pimpinan menjadi sangat penting," jelas Masduki. 

Sebelumnya, pemerintah telah meresmikan tiga provinsi baru di Papua pada Jumat (11/11/2022). Ketiga DOB tersebut adalah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. 

Adapun, peresmian ketiga provinsi itu kemudian dilanjutkan dengan agenda pelantikan tiga Pj Gubernur DOB oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

Tito menerangkan, pengangkatan ketiga Pj Gubernur ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres RI) No.115/P/2022 tentang Pengangkatan Pj Gubernur. 

"Pada Jumat (11/11/2022), saya Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI dengan resmi melantik Apolo Safanpo sebagai Pj Gubenur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengqh, dan Nikolaus sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan,” tutur Tito dalam agenda Peresmian Provinsi dan Pelantikan Pj Kepala Daerah di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper