Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ignasius Jonan dan 2 Tokoh Indonesia Raih Penghargaan dari Jepang

Pemerintah Jepang memberikan penghargaan kepada mantan Menhub RI, Ignasius Jonan dan dua politikus senior Akbar Tandjung dan Sjarifuddin Hasan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 November 2022  |  21:30 WIB
Ignasius Jonan dan 2 Tokoh Indonesia Raih Penghargaan dari Jepang
Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menerima penghargaan dari Pemerintah Jepang atas kontribusi dalam memperkuat kerja sama bilateral Indonesia danJepang padaRabu, 9 November 2022 / Dok. Istimewa.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Jepang memberikan penghargaan kepada tiga tokoh asal Indonesia atas kontribusi mereka dalam memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang pada Rabu, 9 November 2022.

Penghargaan dari Pemerintah Jepang diberikan kepada mantan Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Ignasius Jonan, serta dua politikus senior Akbar Tandjung dan Sjarifuddin Hasan. Mereka menerima penghargaan secara langsung dalam upacara kenegaraan di Istana Kekaisaran, Tokyo.

Kaisar Naruhito memberikan The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star kepada Jonan dan Sjarifuddin, sedangkan penghargaan The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun diberikan kepada Akbar.

"Saya terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, bapak presiden (Joko Widodo) yang menugaskan saya di dua tempat, Kementerian ESDM dan di Kementerian Perhubungan. Juga kepada Pak SBY yang menugaskan saya di Kereta Api Indonesia selama 6 tahun," kata Jonan.

Menurut keterangan pers KBRI Jepang, terdapat sejumlah tingkatan dari penghargaan ini. Diurutkan dari yang tertinggi, yaitu The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun; The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star; The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon; The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette; The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Rays, dan terakhir The Order of the Rising Sun, Silver Rays

Penghargaan The Order of the Rising Sun diberikan kepada individu yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam hubungan internasional, mempromosikan budaya Jepang, dan pelestarian lingkungan. Penghargaan ini diberikan pertama kali oleh Kaisar Meiji pada 1875.

Sementara itu, bintang jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Kaisar Jepang sebelumnya pernah diterima oleh Menteri Luar Negeri RI periode 1988 - 1999 Ali Alatas pada 2007 dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2010 - 2014 Ginanjar Kartasasmita pada 2008.

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada Mei 2022 juga menerima penghargaan Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.

Setelah mendapatkan penghargaan ini, Jonan berharap generasi yang lebih muda bisa membangun kerja sama yang lebih baik dan menguntungkan antara Indonesia dengan Jepang, terlepas dari perkembangan jaman yang berubah. 

Adapun, saat ini Jonan fokus di sektor swasta. Namun, dia masih berkomunikasi bisnis dengan pemegang saham perusahaannya dari Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ignasius jonan jepang

Sumber : Tempo.Co

Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top