Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 5 Negara Tertua di Dunia, Mesir Nomor Satu

Berdasarkan catatan sejarah, negara tertua ternyata sudah ada sejak 6000 SM. Simak penjelasan lengkapnya negara tertua di dunia.
Negara tertua di dunia./freepik
Negara tertua di dunia./freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Negara tertua di dunia memiliki kaitan dengan sejarah peradaban wilayahnya. Karena, sejumlah negara tertua di dunia berdiri tidak lama setelah sebuah peradaban terbentuk. Dilansir dari oldest, sejumlah peradaban pertama di dunia berkembang sekitar tahun 6500 sebelum masehi. Saat itu, orang-orang mulai berhenti mempraktekkan kehidupan nomaden. 

Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sejumlah peninggalan sejarah yang ditemukan di negara tersebut. Berbeda dengan Oldest, situs Worldatlas menganggap Iran adalah negara tertua di dunia yang sudah ada sejak 3.200 tahun SM. 

Berikut ini beberapa negara tertua di dunia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Mesir (6000 SM)

Berdasarkan peninggalan sejarah yang ada, Mesir diketahui sebagai negara tertua di dunia. Negara ini sudah memiliki peradaban kuno pada tahun 6000 SM. Di masa tersebut, Mesir Hulu dan Hilir Bersatu dan dipimpin oleh raja Menes. Menes merupakan sebutan untuk pendiri. Para sejarawan meyakini bahwa pendiri Mesir yaitu seorang penguasa Bernama Narmer. 

2. India

Peradaban pertama di India berada di Lembah Indus sekitar tahun 3300 SM. Peradaban ini mulai terbentuk sebagai bangsa India pada periode Vedic, sekitar tahun 1500-600 SM. Peradaban Vedic meletakkan dasar Hinduisme dan aspek-aspek budaya yang bertahan hingga saat ini. Kerajaan-kerajaan pertama  di India ini terbentuk pada 1200 SM di periode Vedic.

Pada akhir periode ini, berkembang agama hindu, jainisme dan Budha. Peradaban India modern kelak terbentuk pada 1947, setelah India merdeka dari kerajaan Inggris. 

3. Afghanistan

Peradaban Lembah Indus diyakini para arkeolog sebagai koloni pertama di Afghanistan pada awal 3000 SM. Salah satu kota pertamanya di dunia yang mereka dirikan ialah Mundi Gak yang terletak di Kandahar modern. Seiring dengan perkembangan zaman, negara ini mulai kedatangan sejumlah penduduk seminomaden dari Asia Tengah dengan membawa kebudayaan masing-masing.

Meskipun sempat dipengaruhi oleh Inggris sementara waktu, pada tahun 1973 Afghanistan menjadi republik islam presidensial kesatuan. 

4. Tiongkok

Dilansir dari Britannica, catatan tertulis paling awal tentang sejarah Tiongkok ditemui dari era Dinasti Shang (1.600 – 1.046 SM). Selama empat millennium lebih, Tiongkok berada di bawah pemerintahan dinasti. Dinasti terakhir yang berkuasa ialah Dinasti Qing yang runtuh pada tahun 1912. Lantas berdirinya Republik Tiongkok. Kemudian pada tahun 1949, terjadi revolusi Komunis Tiongkok yang memproklamasikan berdirinya Republik rakyat Tiongkok (RRT). 

5. Armenia

Negara ini sudah ada sejak 2.492 SM. Negara ini memiliki nama resmi Republik Armenia merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki sejarah yang Panjang. Data dari arkeologi menunjukkan bahwa Armenia telah dihuni sejak zaman perunggu atau 4.000 SM.

Peristiwa pembentukkan negara Armenia masih belum jelas asal-usulnya , karena bukti yang ada merujuk pada legenda Hayk yang disebut membentuk Armenia. 

Itulah beberapa negara tertua di dunia. Negara paling tertua mana yang pernah kamu kunjungi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper