Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sarinah, Mal Tertua di Indonesia yang Digagas Bung Karno

Bertepatan dengan HUT ke-77 RI, Sarinah yang digagas oleh proklamator Ir Soekarno juga merayakan hari ulang tahun yang ke-60.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 17 Agustus 2022  |  20:30 WIB
Sarinah, Mal Tertua di Indonesia yang Digagas Bung Karno
Warga melintasi pusat perbelanjaan Sarinah yang tutup di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). BISNIS.COM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan ke-77 RI, pusat perbelanjaan tertua di Indonesia, yakni Sarinah juga merayakan hari jadinya yang ke-60. Berdiri dengan nama PT Department Store Indonesia, Sarinah adalah pelopor munculnya berbagai usaha modern di Indonesia.

Bila dirunut riwayatnya, pusat perbelanjaan tersebut pertama kali diinisiasi oleh presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno alias Bung Karno. Nama Sarinah berasal dari nama salah satu pengasuhnya Sang Orator di masa kecil.

Mengutip dari laman sarinah.co.id, pembangunan Sarinah sejak awal ditujukan untuk mewadahi berbagai kegiatan perdagangan produk dalam negeri yang ada di Indonesia, serta mendorong pertumbuhan perekonomian nasional Indonesia.

Agar dapat terus dinikmati oleh berbagai kalangan, sejumlah upaya renovasi telah dijalankan di pusat perbelanjaan tertua di Indonesia itu pada 2020 lalu. Adapun Sarinah pasca-renovasi mulai dibuka untuk umum sejak 21 Maret 2022.

Kendati sudah mulai dapat diakses, bangunan tersebut baru diresmikan kembali oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Juli 2022. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menekankan bahwa Mal Sarinah dapat disebut sebagai salah satu ikon penting bangsa yang mampu mempererat ingatan dari generasi ke generasi.

Setelah melewati beberapa proses renovasi, wajah baru Sarinah tampak menjadi magnet bagi berbagai kelompok masyarakat. Dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti area food and beverage (F&B), digital bisnis area, hingga ruang budaya, Sarinah kerap menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang diminati masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, masyarakat juga berkesempatan untuk menemui eskalator pertama di Indonesia serta relief peninggalan era Presiden Soekarno yang telah berumur lebih dari 50 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sarinah mal mall bung karno soekarno
Editor : Herdanang Ahmad Fauzan
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top