Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Riset Biaya Hidup di Jakarta untuk Pekerja Entry-Level, Minimal Butuh Rp12 Juta?

Berikut riset hasil pendapatan pekerja entry-level untuk bisa bertahan hidup di Jakarta.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  15:32 WIB
Riset Biaya Hidup di Jakarta untuk Pekerja Entry-Level, Minimal Butuh Rp12 Juta?
Seorag pria menelepon dengan latar belakang gedung perkantoran di kawasan bisnis terpadu Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta. - Antara Foto/Andika Wahyu.
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Jakarta menjadi kota yang paling banyak diincar oleh para job seeker, terutama pekerja entry-level.

Fresh graduate dari berbagai kota di Indonesia pun mencoba peruntungannya di Ibu Kota untuk mengejar karier impian.

Namun ternyata, biaya hidup di Jakarta tergolong tinggi untuk para pekerja entry-level ini. iPrice pun memberikan riset estimasi biaya hidup per bulan di kota ini.

Pendapatan pekerja entry-level

Menggunakan Payscale dan Glassdoor, iPrice mengalkulasi rataan pendapatan per bulan 10 posisi entry-level terfavorit di Indonesia.

Dari survei, Junior UX Designer memimpin sebagai posisi entry-level dengan pendapatan tertinggi di Indonesia, yaitu sebesar Rp8,66 juta setiap bulannya.

Junior Data Analyst berada di peringkat kedua dengan penghasilan per bulan sebesar Rp8,38 juta. Diikuti oleh Associate Product Manager (Rp8,31 juta), Digital Marketing Associate (Rp7,32 juta) dan Junior UI Designer (Rp7,15 juta).

Selanjutnya, posisi entry-level yang memiliki pendapatan bulanan rata-rata di atas Rp5 juta adalah Junior Software Engineer, Junior Front-end Developer dan SEO Associate.

Sedangkan Junior Content Writer dan Social Media Officer berpenghasilan paling rendah, dengan rata-rata pendapatan per bulan sebesar Rp 4,78 juta.

Meskipun begitu, seluruh posisi ini sudah memiliki rataan pendapatan per bulan yang lebih tinggi dari nilai upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta pada tahun 2022, yaitu Rp4,64 juta.

Namun, apakah hal ini menjamin terpenuhinya biaya dan gaya hidup mereka di kota tersebut?

Pengeluaran per bulan

Tim riset iPrice mengkalkulasi estimasi pengeluaran bulanan seorang pekerja entry-level di Jakarta dan menemukan 3 jenis gaya hidup yang dapat dijalani mereka, yaitu:

1. Gaya hidup mewah dengan pengeluaran per bulan mencapai Rp12,03 juta
2. Gaya hidup menengah dengan pengeluaran per bulan sebesar Rp5,29 juta
3. Gaya hidup hemat yang dengan pengeluaran per bulan sebesar Rp3,57 juta

Bila data estimasi pengeluaran bulanan tersebut dibandingkan dengan pendapatan masing-masing posisi entry-level, nampaknya bahkan posisi Junior UX Designer yang memiliki pendapatan tertinggi sekalipun belum dapat tinggal dengan nyaman mengikuti gaya hidup mewah di Jakarta.

Tetapi, bila posisi ini mengikuti gaya hidup menengah maka mereka justru dapat menyimpan sisa pendapatannya hingga 38% atau sebesar Rp3,37 juta.

Hal yang sama juga terjadi pada posisi Junior Data Analyst dan Associate Product Manager yang masih dapat menyimpan masing-masing 37% (Rp3,09 juta) dan 36% (Rp3,02 juta) dengan mengikuti gaya hidup menengah.

Terdapat 5 posisi entry-level yang memiliki dana cukup namun hanya dapat menyimpan kurang dari 30% pendapatannya dengan gaya hidup menengah. Mereka adalah Digital Marketing Associate, Junior UI Designer, Junior Software Engineer, Junior Front-end Developer dan SEO Associate.

Sedangkan 2 posisi entry-level dengan pendapatan terendah, Junior Content Writer dan Social Media Officer, masih membutuhkan Rp508 ribu untuk bisa mengikuti gaya hidup menengah.

Hal ini bukan berarti pendapatan kedua posisi ini tidak mencukupi biaya hidup di Jakarta, para pekerja ini masih dapat bertahan dan menyimpan 25% dari pendapatan mereka atau sebesar Rp1,21 juta bila mengikuti gaya hidup hemat.

Detail riset dan penjelasan mengenai perkiraan biaya hidup di Jakarta untuk pekerja Entry-Level ini dapat diakses langsung di situs iPrice, di sini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta pekerja gaya hidup biaya hidup pendapatan
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top