Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat Masuk Ragunan di Libur Lebaran:Daftar Daring dan Vaksin Lengkap

Pengelola Taman Margasatwa Ragunan menetapkan vaksin Covid-19 sebagai syarat bagi pengunjung di masa libur Lebaran 2022
Sejumlah pengunjung berswafoto di depan kandang Gajah Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu, (26/12/2021)./Antara
Sejumlah pengunjung berswafoto di depan kandang Gajah Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu, (26/12/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pengelola Taman Margasatwa Ragunan memberlakukan wajib vaksin Covid-19 dan melakukan pendaftaran daring bagi masyarakat yang ingin datang menghabiskan waktu libur lebaran 2022.

Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyati mengatakan bahwa masyarakat harus mendaftar online H-1 kedatangan. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir peningkatan kasus Covid-19 saat libur lebaran.

“Pengunjung dewasa harus sudah divaksin minimal dua kali sedangkan pengunjung anak minimal sekali. Selain itu, pengunjung harus juga menggunakan aplikasi Peduli Lindungi,” katanya saat menemani Wakil Presiden Ma’ruf Amin memantau persiapan Ragunan dikutip melalui keterangan pers, Minggu (1/5/2022).

Endah menambahkan, pada area piknik telah dibuat batasan berupa lingkaran-lingkaran untuk menjaga jarak antarkeluarga pengunjung.

“Di sini kami sudah siapkan lingkaran-lingkaran. Jadi pengunjung dan keluarganya hanya boleh duduk di lingkaran tersebut,” jelasnya.

Selain itu, pengelola juga telah menyebar berbagai spanduk dan poster penerapan protokol kesehatan (prokes) seperti imbauan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan etika batuk di tempat umum.

Pengelola juga menyediakan keset desinfektan di pintu-pintu masuk dan tempat mencuci tangan di pinggir jalan.

“Alhamdulillaah” sejak kemarin buka, prokes di Ragunan ketat sekali. Ada juga ini mungkin di tempat lain tidak ada yakni keset desinfektan. Jadi baik kendaraan yang masuk maupun pengunjung wajib melewati keset desinfektan tersebut,” ungkap Endah.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin mengecek kesiapan Taman Margasatwa Ragunan dalam menghadapi lonjakan pengunjung khususnya agar tetap aman dari Covid-19, pada Minggu pagi (1/5/2022).

Wapres dengan ditemani KU Pengelola Taman Margasatwa Ragunan kemudian berjalan menyusuri jalan-jalan di area salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia ini.

Kepada KU Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Wapres sempat memberikan arahan agar pengelola Ragunan terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat kepada pengunjung untuk menghindari terjadinya peningkatan kasus Covid-19.

"Penerapan prokes ketat harus terus dilakukan kepada para pengunjung terlebih di masa libur lebaran," pesan Wapres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper